Sukses

Herpes Dalam kehamilan
17 Apr 2016, 16:48 WIB
Wanita, 28 tahun.

haloo dok...saya hamil usia 10 week... saya mau tanya,..saya mengalami sakit gatal pada miss V... gatal, ada bintil-bintilnya...saya tidak tahu apakah ini herpes atau tidak... yang saya mau tanyakan...amankah gatal ini untuk si bayi dan si ibu?dan seperti apa untuk penangannya... mohon jawabannya..sebelumnya terimakasih banyak...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Langkah yang paling tepat adalah dengan terlebih dahulu memeriksakan keluhan bintik gatal di area vagina yang anda alami kepada dokter kandungan. Karena sulit memastikan penyebab penyakit kulit jika tidak dilakukan pemeriksaan secara langsung.

Jika benar herpes, maka tanyakan dokter anda secara mendetail mengenai spesifikasi penyakit herpes tersebut. Apakah itu herpes simpleks ataukah herpes zooster?

Herpes simpleks adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks tipe I atau tipe II yang ditandai oleh adanya vesikel (gelembung) berkelompok di atas kulit yang sembab dan merah. Sedangkan herpes zoster adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zooster yang menyerang kulit dan mukosa.

Meski dapat ditularkan melalui kontak dengan barang-barang yang telah terkontaminasi, penyakit herpes simpleks termasuk dalam kategori penyakit infeksi menular seksual karena ditularkan terutama melalui hubungan seksual, sedangkan herpes zoster timbul akibat reaktivasi virus yang terjadi setelah infeksi primer yang umumnya bermanifestasi sebagai cacar air (varisela).

Pemeriksaan TORCH termasuk dalam protokol pemeriksaan yang dilakukan sebelum menikah atau mempersiapkan kehamilan, akan tetapi virus herpes yang dapat dideteksi dengan pemeriksaan TORCH adalah virus herpes simpleks, sedangkan baik virus herpes simpleks maupun virus herpes zoster sama-sama dapat menginfeksi ibu hamil dan menyebabkan kelainan pada janin dalam kandungan. Virus ini dapat menginfeksi ibu hamil melalui kontak dengan barang-barang yang terkontaminasi (herpes simpleks) atau udara (herpes zoster), baru kemudian dapat menginfeksi janin melalui plasenta atau kontak dengan lesi saat melahirkan.

Yang tidak kalah penting untuk Anda lakukan saat ini adalah menjaga kesehatan dan stamina agar tetap baik antara lain dengan berolahraga, konsumsi makanan sehat, dan multivitamin mengingat virus umumnya akan mudah menginfeksi Anda saat daya tahan tubuh Anda sedang menurun.

Rutinlah melakukan pemeriksaan kehamilan sesuai jadwal yang telah ditentukan, untuk melihat perkembangan janin Anda agar dapat mendeteksi lebih dini jika memang telah terjadi kelainan. Dan berkonsultasilah dengan dokter Anda mengenai solusinya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar