Sukses

Batuk Pilek, Sakit Gigi, Benjolan Di Belakang Telinga
13 Sep 2015, 08:22 WIB
Wanita, 21 tahun.

saya sudah mengalami pilek lebih dari 2 minggu dan sempat batuk berdahak seminggu, lalu sakit gigi hingga sakit kepala nyeri sekali. di bagian bawah telinga terasa kaku dan berwarna merah serta sperti ada grenjel atau benjol kecil. kl pilek sedang kumat berasa telinga penuh dan seperi mau keluar. apa ini gejala sinusitis dok? tapi sekarang sudah agak mendingan sih dok, makanya saya ragu untuk periksa ke dokter karna saya pikir akan sembuh sendiri.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Perkiraan kami mengenai keluhan yan Anda utarakan belum mengarah ke sinusitits.

Pilek atau influenza merupakan infeksi saluran napas atas yang disebabkan oleh virus influenza. Gejala yang biasanya ditimbulkan adalah demam, batuk, mata dan/atau hidung terasa gatal, sekret hidung bertambah, dan gejala lain. Karena disebabkan oleh virus, maka umumnya merupakan penyakit yang dapat sembuh sendiri walaupun tanpa terapi khusus (self limitting disease). Namun, jika bertahan hiingga 2 minggu, disertai dengan perubahan warna dahak (menjadi kuning, hijau, coklat, atau disertai darah), maka kemungkinan telah terjadi infeksi sekunder oleh bakteri pada saluran napas Anda. Hal ini umumnya terjadi akibat pemberian terapi yang tidak adekuat. (Baca; Influenza, Biang Kerok Hidung Tersumbat)

Adanya peradangan pada saluran napas Atas dapat menyebabkan penyumbatan pada muara tuba  eustachius (yaitu saluran yang menghubungkan telinga tengah dan rongga tenggorokkan), menyebabkan adanya keluhan telinga tersumbat hingga nyeri telinga. Apabila berlanjut, infeksi dapat menyebar ke telinga tengah menyebabkan infeksi telinga yang disebut Otitis Media Akut. (Baca; Otitis Media Akut)

Adanya benjolan pada belakang telinga yang timbul bersamaan dengan penyakit lain yang Anda sebutkan diatas, maka kami berasumsi benjolan tersebut adalah kelenjar getah bening (KGB) yang membesar. KGB umumnya membesar bila kerjanya berlebihan, misalnya untuk membentuk kekebalan tubuh agar bisa melawan infeksi yang terjadi pada area yang berdekatan. Dalam hal ini, KGB Anda dapat membesar akibat Infeksi saluran napas (ISPA) yang terjadi atau bisa juga disebabkan oleh keluhan pada gigi Anda. Untuk mengatasinya, maka penyebab infeksi harus terlebih dahulu ditangani.

Saat ini, kami menganjurkan Anda untuk tetap melakukan pemeriksaan kepada dokter agar dapat dilakukan evaluasi mengenai kondisi penyakit Anda (apakah memang mengalami perbaikan, atau meninggalkan komplikasi yang tidak diinginkan). Dengan demikian diharapkan Anda mendapatkan terapi yang optimal.

Sebaiknya Anda juga berkonsultasi kepada dokter gigi, untuk mengatasi nyeri yang terjadi agar dapat diatasi juga penyebabnya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar