Sukses

Merawat Gigi Berlubang
19 Jun 2015, 16:26 WIB
Pria, 39 tahun.

Langsung aja ya dok.... Saya dulu pernah jatuh dari motor sehingga menyebabkan gigi saya patah dan sekalian saya ganti baru (yang bongkar pasang). Akan tetapi ternyata ada gigi yg retak sehingga berlobang geraham kiri atas. Pernah saya tambal tapi lobang lagi, akhirnya bbrp saya biarkan. Pertanyaan: 1. Mengingat akar gigi bisa berpengaruh kemana-mana, apakah ada cara terbaik bagi penderita gigi berlubang disamping gosok gigi 2x sehari dan banyak kumur? 2. Saya kadang pusing migrain bag. kiri, apakah mungkin krn pengaruh gigi berlubang ya? Terima kasih dok :)

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Gigi karies atau berlubang tidak dapat dirawat hanya dengan menyikatnya, karena pada gigi tersebut telah mengalami kerusakan yang membutuhkan perbaikan dengan bantuan perawatan dari dokter gigi. Pada kondisi tersebut akan dipastikan dahulu apakah gigi masih dapat ditambal atau tidak, dan jika memang gigi berlubang sudah tidak dapat ditambal atau dipertahankan lagi dengan perawatan penambalan atau perawatan lainnya maka gigi harus dicabut. 

Efek samping jangka panjang setelah pencabutan adalah, di mana gigi sebelahnya akan cenderung miring dan ke arah gigi yang hilang, dan jika yang dicabut adalah gigi bawah maka biasanya gigi atas akan turun karena gigi lawan sudah tidak ada. Perlu Anda ketahui bahwa gigi yang berlubang sangat berbahaya bagi kesehatan baik kesehatan jaringan sekitar rongga mulut maupun tubuh.

Tindakan yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi kondisi gigi Anda adalah dengan mengkonsultasikannya secara langsung dengan dokter gigi sehingga selain dapat dipastikan kondisinya, gigi tersebut juga bisa mendapatkan perawatan yang dibutuhkan.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca

Gigi Berlubang: Cabut atau Rawat? (20 September 2010)

Pentingkah mengganti gigi yang sudah dicabut dengan gigi tiruan?

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar