Sukses

Hiperlipidemia
17 Apr 2016, 09:37 WIB
Pria, 33 tahun.

Selamat pagi dr' 1. Apa yang harus saya lakukan untuk mengurangi kadar trigliserida tinggi sebesar 263 mg/dl, kolestrol total 210 mg/dl, LDL 135 mg/dl, sedangkan HDL 55 mg/dl? Apakah saya perlu mengkonsumsi obat atau minum suplemen tertentu? Thanks untuk infonya! 2. Apa maksud dari angka berikut ini: HITUNG JENIS Basofil 1 % 0 - 1 Eosinofil 7 % 1 - 3 Neutrofil batang 0 % 2 - 6 Neutrofil segmen 42 % 50 - 70 Limfosit 44 % 20 - 40 Monosit 6 % 2 - 8 Terima kasih untuk penjelasannya! Salam, Imanuel

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan hasil pemeriksaan profil lipid (lemak) anda, maka kondisi yang anda alami disebut dengan hiperlipidemia.

Kelainan kadar lemak dalam darah yang utama adalah kenaikan kadar kolesterol total, kenaikan kadar trigliserid serta penurunan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Kondisi ini sendiri tidak menimbulkan gejala tetapi dapat mengarah ke penyakit jantung dan pembuluh, seperti penyakit jantung koroner dan penyakit pembuluh arteri perifer. Trigliserid tinggi dapat menyebabkan pankreatitis akut. Kadar LDL yang tinggi dapat menyebabkan xanthelasma kelopak mata, arcus corneae.

Penatalaksanaannya mencakup non-medikamentosa (tanpa obat) dan medikamentosa (dengan obat-obatan). Penatalaksanaan yang paling penting adalah tanpa obat. Anda perlu melakukan perubahan gaya hidup dengan cara diet yang baik dengan komposisi makanan seimbang, latihan jasmani (aerobik), penurunan berat badan bagi yang gemuk (obesitas), menghentikan kebiasaan merokok dan minuman alkohol.

Apabila dengan tatalaksana diatas gagal maka dapat diberikan tatalakasana dengan obat. Untuk mendapatkan pengobatan ini, maka anda perlu memeriksakan diri langsung dengan dokter.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar