Sukses

Mata Anak Berwarna Kuning
17 Apr 2016, 09:44 WIB
Pria, 12 tahun.

Pagi dok, sy mau bertanya, anak laki2 saya kedua matanya kok berwarna kuning yg dok. Sejauh ini badannya sehat. Dia juga mau makan sayur. Dr kecil mmg matanya berwarna kuning, tp tmbh kesini kok sy jadi khawatir ya dok. Kenapa bs begitu ya dok. Makasih ya dokter atas bantuannya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Kulit yang tampak kuning dalam dunia kedokteran sering disebut dengan istilah jaundice atau ikterik. Pada ikterik, warna kuning tersebar merata di seluruh tubuh. Awalnya warna kuning dapat terlihat samar-samar dan tidak disadari , tapi makin lama makin jelas. Kekuningan pada kulit ini disebabkan oleh peningkatan jumlah bilirubin di darah. Memang sebagian besar warna kekuningan pada kulit disebabkan oleh sakit kuning alias hepatitis atau infeksi hati, namun dapat juga disebabkan oleh gangguan hati lainnya. Ikterik sendiri bukanlah penyakit, melainkan merupakan gejala dari adanya penyakit.

Apakah tampilan warna kuning tersebut begitu mencolok? Bagaimana dengan bagian tubuhnya yang lain, apakah kulitnya juga berwarna kuning? Adakah demam? Adakah gangguan buang air besar, seperti buang air besar berwarna putih? Apakah buang air kecil menjadi kecoklatan? Apakah sebelum warna kuning muncul, anak sehabis makan wortel dalam jumlah cukup banyak? Apakah ada keluarga lain dengan riwayat sakit kuning?

Pertanyaan-pertanyaan diatas dibutuhkan untuk mengarahkan apakah warna kuning tersebut memang disebabkan oleh penyakit atau bukan. Saya sarankan agar ibu memeriksakan anak secara langsung pada dokter agak dokter memutuskan apakah terjadi kekuningan pada mata atau tidak, serta kemungkinan penyakitnya agar dapat ditentukan penanganan yang sesuai dengan penyakit yang diderita).

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar