Sukses

Batuk disertai Sesak Nafas
09 Jun 2015, 14:52 WIB
Wanita, 24 tahun.

Slamat malam dok. Maaf sbelumnya. Sya mau konsult. Kepala saya bgian kiri sering sakit. Skitnya sring dbgian atas mata, pelipis. Klo udh agk siang mlah jdi skit bgt. Sekepala brasa sakitnya. Trs akhir2 ni pipi sya sbelah kiri jdi terasa tebal dan nyeri. Telinga jga kdang brdenging. Sya blm priksa dok karena jam kerja sya yg tdak mmgkinkan utk ijin priksa. Trima kasih.

Terima Kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah batuk Anda terus menerus atau hanya pada malam atau pagi hari? Apakah ada demam, penurunan berat badan, keringat malam? Apakah ada keluhan lain? Apakah Anda ada riwayat asma/alergi/ maag? 

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah diantaranya adalah:

  1.  Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)
  2.  Asma
  3.  Infeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infkesi sinus
  4.  Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)
  5.  GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung. 
  6. Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor) 
  7. Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung)

Untuk memastikan paru-paru Anda tidak bermasalah diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan rontgen dada/x-ray, oleh karena itu kami sarankan untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar