Sukses

kolaps paru-paru
16 Apr 2016, 19:22 WIB
Pria, 19 tahun.

Assalamu'alaikum Dok Saya mau nanya nih. Saya berumur 19 tahun, dan mengidap penyakit kolaps paru-paru dok. Semacem ada bleb yang pecah di rongga paru-paru (pleura). Saya sudah dirawat inap selama 5 hari di rumah sakit dok. Kata dokter penyakit saya dipersentasekan sebesar 15 %, jadi tidak perlu dilakukan penghisapan udara lewat selang ke dalam rongga paru-paru saya dok. Yang mau saya tanyakan cukup banyak dok. 1. Saya sering merasa nyeri di dada kanan dan kadang-kadang di dada kiri dok. Bagaimana caranya menghilangkan nyeri tersebut dok? Apalagi kalo saya udah keluar dari rumah sakit dan tidak bergantung sama obat dok? 2. Apa pantangan makanan bagi penderita kolaps paru-paru ini dok? Masalahnya saya udah ngetes, sehabis makan makanan yang mengandung coklat. Suka kambuh rasa nyeri di dada dok. Selain itu saya diberi makanan oleh rumah sakit. Jadi saya tidak tahu apa pantangannya dok. 3. Berapa lama kira-kira saya sembuh dok? Apa usaha yang harus saya lakukan jika keadaan belum sehat tetapi sudah keluar dari rumah sakit? Masalahnya saya mau persiapan untuk mengikuti UAS di kampus dok. Saya nggak bisa juga lama-lama di rumah sakit. Mohon sangat jawabannya ya dok. Terima kasih banyak dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Nyeri dada banyak penyebabnya. Diperlukan lebih banyak informasi mengenai karakter nyeri yang dirasakan untuk menilai arah penyebabnya. Namun, berdasarkan riwayat penyakit anda, maka dugaan penyebab nyeri dada anda mengarah kepada masalah paru-paru. Walaupun penyebab lain belum dapat disingkirkan.

Untuk mencari pantangan makan diperlukan usaha anda sendiri, yaitu menilai pada saat mengkonsumsi apa anda mengalami kekambuhan. Kemudian coba hindari makanan tersebut. Setelah selang beberapa minggu, coba konsumsi kembali. Jika keluhan anda kambuh maka dugaan kuat makanan tersebut dapat mencetuskan keluhan anda.

Selain itu sebaiknya anda mengkonsumsi jenis makanan yang tinggi karbohidrat dan tinggi protein untuk membantu proses penyembuhan anda.

Bila setelah keluar rumah sakit keluhan anda masih tetap dirasakan, lakukanlah kunjungan ulang (kontrol) kepada dokter anda agar dapat dilakukan evaluasi mengenai perjalanan penyakit anda yang terkini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar