Sukses

Pantangan Makan Setelah operasi Usus Buntu
16 Apr 2016, 19:25 WIB
Pria, 26 tahun.

Makanan yg tidak boleh pasca appendictomi..?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Usus buntu atau disebut apendisitis merupakan penyakit peradangan pada usus buntu atau apendiks. Gejalanya bisa berupa nyeri ulu hati yang kemudian menjalar ke nyeri perut kanan bawah, dan bisa disertai demam, mual dan muntah. Selain itu ada beberapa tanda khas usus buntu yang harus didapatkan melalui pemeriksaan fisik, misalnya obturator sign, psoas sign, dll, yang harus melalui pemeriksaan dokter.

Bila Anda baru saja menjalani operasi usus buntu, maka yang harus Anda lakukan adalah menjaga agar luka bekas operasi tersebut tidak basah selama 3-5 hari. Untuk perawatannya yaitu berikan salep antibiotik, selalu ganti kain kasa pembungkus saat telah basah, dan jangan sampai luka basah saat mandi. Jangan sampai luka bekas operasi kotor atau terinfeksi karena akan menyebabkan bekas luka basah dan penyembuhan menjadi terhambat.

Mengenai pantangan makanan sesungguhnya tidak ada, namun ada baiknya pada waktu-waktu awal pasca operasi Anda mengonsumsi makanan yang bertekstur lunak dan tidak mengandung terlalu banyak serat, untuk menghindari pemberian beban yang berlebihan pada usus.

Berikut kami sertakan artikel yang dapat Anda baca : 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar