Sukses

Implan atau Perawatan Saluran Akar Gigi ?
19 Jun 2015, 16:51 WIB
Wanita, 18 tahun.

dok. gigi geraham bawah saya sudah sangat berlubang dan berwarna kecoklatan sehingga mahkota giginya sudah terkikis dan proses mengunyah makanan sangat terganggu. kira2 apakah perlu di implan gigi atau perawatan saluran akar?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com. 

Kami turut prihatin atas kondisi gigi Anda yang berlubang dan memahami kekhawatiran Anda. Gigi yang berlubang memang tidak boleh dibiarkan tanpa mendapakan perawatan dari dokter gigi, karena dapat berdampak serius bagi kesehatan gigi itu sendiri dan kesehatan tubuh. Perawatan yang diperlukan pada gigi Anda tentu saja baru dapat ditentukan ketika sudah dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi. Apabila gigi masih dapat ditambal maka akan dilakukan perawatan penambalan dan bila lubang telah mencapai kamar saraf gigi maka terlebih dahulu akan dilakukan perawatan saluran akar sebelum penambalan atau dilanjutkan dengan restorasi lainnya, namun bila sudah tidak dapat ditambal dan dilakukan perawatan lainnya maka gigi akan dicabut.

Gigi yang telah dicabut tersebut harus digantikan dengan gigi tiruan, baik dengan gigi tiruan lepasan atau gigi tiruan cekat seperti implan, bergantung dari kondisinya. Sebaiknya segera lakukan perawatan pada gigi Anda didokter gigi agar dapat memperkecil resiko yang mungkin terjadi akibat gigi berlubang tersebut. Semakin cepat perawatan dilakukan maka semakin baik.

Berikut artikel yang dapat Anda baca terkait pertanyaan Anda.

Rupa-rupa Tambalan Gigi

Gigi berlubang, Jangan Takut Bor

Gigi Berlubang: Cabut atau Rawat?

Penyebab Gigi Berlubang?

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar