Sukses

Kapan Rambut Mulai Beruban

16 Apr 2016, 08:30 WIB
Wanita, 29 tahun.

Bp/ibu dokter saya mau tanya kalau uban itu muncul normalnya diusia brp? Terima kasih sebelumnya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. 

Uban merupakan tanda usia mulai tua. Mengenai kapan tepatnya muncul, tentu berbeda-beda pada tiap idividu karena banyak faktor yang mempengaruhinya.

Sedangkan Rambut beruban pada usia muda dapat terjadi karena adanya faktor  stres, karena kekurangan vitamin ataupun karena adanya faktor keturunan dimana anggota keluarga yang lain memang cenderung memiliki uban di usia muda.

Selain itu adanya gangguan karena kelainan metabolisme (seperti penyakit kencing manis), kelainan kekebalan tubuh, kelainan hormonal, keracunan logam berat, dan gangguan ginjal dapat meningkatkan jumlah uban di kepala.

Untuk mengatasi rambut beruban ini, cobalah untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, terutama mengandung cukup vitamin B12 seperti yang tercakup didalam produk-produk hewani yaitu dalam telur, hati, daging, unggas, dll.

Apabila rambut beruban anda timbul karena masalah kekurangan vitamin B12, maka dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12 masalah tersebut dapat dikoreksi sehingga masalah rambut beruban Anda dapat teratasi.

Dengan asupan vitamin B12 yang cukup produksi melanin, pigmen rambut, akan kembali normal dan rambut yang putih akan rontok yang selanjutnya akan digantikan oleh rambut yang hitam. Selain itu, hindarilah hidup penuh stres. Cobalah untuk hidup lebih santai dan teratur.

Namun, jika penyebab timbulnya uban ini adalah faktor keturunan/genetik, maka tidak dapat disembuhkan dan uban yang sudah tumbuh tidak dapat dikembalikan menjadi hitam kembali.

Untuk menutupi uban, Anda dapat melakukan pengecatan rambut. Sebaiknya uban tidak dicabut karena bisa merusak folikel, saraf-saraf dan juga akar rambut yang akan memicu terjadinya infeksi di folikel rambut dan pencabutan tersebut membuat rambut menjadi lebih tipis tidak botak permanen.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar