Sukses

Haid Tidak lancar, Bisa Hamil?

24 Nov 2015, 21:35 WIB
Wanita, 26 tahun.

Haid aku tidak lancar hampir 1 tahun,,q periksa dokter dikasih obat yg namax REGUMEN,,tp q ttep g bsa haid klo g konsumsi obat it Pertanyaan q 1.bahaya g jka q truz konsumsi obat it 2.apakah q msih bsa hamil

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Haid yang tidak teratur bisa disebabkan gangguan hormonal maupun gangguan organ reproduksi wanita. Untuk menentukan apakah gangguan haid tersebut mempengarhui kesuburan, maka perlu dipastikan penyebabnya apa. Untuk itu anda perlu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan yang menangani kasus Anda, karena kami tidak dapat menentukan kesuburan Anda berdasarkan informasi yang terbatas saat ini.

Obat yang diberikan oleh dokter Anda berisikan hormon Norethisterone yang umumnya diberikan pada wanita dengan gangguan haid akibat gangguan hormonal. Untuk mencapai efek terapi yang diharapkan anda perlu mengkonsumsi obat sesuai dan dibawah pengawasan dokter. Mengenai dosis dan lamanya pemakaian, anda perlu tanyakan langsung kepada dokter kandungan Anda. Untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai obat, anda dapat menggunakan fitur CARI OBAT pada kolom direktori kami.

Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu. Kemudian Anda dan pasangan juga perlu melakukan hubungan seksual yang teratur 2-3 x/minggu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. 

Dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan: 

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar