Sukses

Terapi Herpes Zoster

14 Apr 2016, 21:08 WIB
Pria, 30 tahun.

kalo sakit herpes zoster, memakai obat acylovir butuh berapa bulan maksimal

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Herpes zoster adalah infeksi yang disebabkan oleh reaktivasi virus varisela-zoster dan menyerang kulit, mukosa, serta saraf. Karena ini merupakan reaktivasi virus varicella-zoster, maka seseorang yang terkena herpes zoster umumnya sebelumnya sudah pernah terkena cacar air.

Gambaran herpes zoster berbeda dengan cacar air, karena pada herpes zoster nampak ruam yang berkumpul sesuai dengan dermatom syaraf disertai dengan nyeri. Rasa terbakar umumnya timbul beberapa hari lebih dulu daripada ruam dan dapat bertahan hingga beberapa bulan meskipun ruam mulai menghilang. 

Obat antivirus yang diberikan untuk diminum 5x/hari ditujukan untuk mempercepat fase penyembuhan penyakit dengan mematikan virus tersebut. Obat tersebut bekerja lebih efektif jika dimulai dalam waktu 72 jam setelah timbul ruam. Untuk mendapatkan obat dan juga petunjuk pemakain (termasuk lama terapi) anda perlu berkonsultasi langsung dengan dokter terdekat. Karena penggunaan obat ini haruslah dibawah pengawasan dokter.

Apabila Anda tidak meminum antivirus, maka kesembuhan yang akan terjadi mengandalkan daya tahan tubuh Anda. Apabila hanya mengandalkan daya tahan tubuh, maka kesembuhan terjadi dalam hitungan hari sampai minggu. Selain antivirus, obat kortikosteroid oral (diminum) biasa ditambahkan untuk mengatasi nyeri saat terjadi herpes zoster dan postherpetic neuralgia (nyeri sisa pasca penyembuhan herpes zoster).

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar