Sukses

Nilai Gula Darah Normal

14 Apr 2016, 20:29 WIB
Pria, 31 tahun.

Selamat malam dokter, saya mau nanya. Apakah dg GDS 156mg/dl non puasa sdh masuk dalam kategori diabetes. Tidak lama setelah 1 mgg yg lalu kaki saya timbul gatal dan ujung2nya luka dan barusan mulai membaik. Saat ini sy cukup cemas, dan berdiet karbohidrat meskipun tidak 100%. Tanda yg dialami diantaranya spt luka yg lama sembuh,sdh yg kedua kalinya meriang selama 10hr ini, gatal2. Dapatkah DM ini disembuhkan. Terkadang makanan itu membuat sy sdkt parno. Ada sih bbrp obat spt metformin tp sy khawatir dg efek sampingnya. Jd sy tidak meminum apapun selain berdiet. Apa solusi untuk luka dikaki saya ini, tp luka nya tidak basah spt org DM yang hebat. Sebelumnya sy punya riwayat genetik dari Ayah sy. Saya ingin sembuh, mohon pencerahan. Benarkah org diabetes selamanya tidak dapat sembuh, selalu bergantung dg obat dan hanya dapat menormalkan kadar gula darah saja?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com 

Penentuan kadar gula darah normal dilihat dari kapan waktu pengukuran pengambilan darah, oleh karena itu terdapat nilai gula darah sewaktu (darah di ambil saat itu juga), saat puasa dan dua jam setelah makan. Berikut nilai normal masing-masing:

  • Kadar gula darah sewaktu: Perhitungan gula darah kapan saja. Nilai normal kurang dari 140 mg/dl.
  • Kadar gula darah puasa: Perhitungan gula darah yang dihitung saat puasa (delapan jam terakhir) dengan nilai normal kurang dari 100 mg/dl.
  • Kadar gula darah dua jam setelah makan: Perhitungan gula darah pada saat dua jam setelah makan dengan nilai normal kurang dari 140 mg/dl.

Jika anda memiliki faktor resiko diabetes, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ulang disaat anda telah berpuasa minimal 8 jam sebelum pemeriksaan.

Kami sertakan beberapa artikel berikut ini untuk informasi lengkap Anda:

8 Tips Pola Hidup Sehat

Hidup Sehat dengan Diabetes

Mencegah Diabetes dengan Mengenali Gula

Untuk informasi lengkap, Anda dapat mengunjungi Rubrik Diabetes yang kami miliki.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar