Sukses

Sering Mengalami Sariawan

14 Apr 2016, 20:52 WIB
Wanita, 20 tahun.

Saya sering mengalami sariawan Dan sekarang saya sariawan di bagian langit-langit mulut,mendekati kerongkongan..sehingga sangat sakit ketika mengunyah,menelan,maupun berbicara.. Ukurannya cukup besar Apakah ada saran penyembuhannya? Apakah perlu meminum antibiotik?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Klikdokter.com.

Sebelumnya ada yang ingin kami tanyakan, setiap kali muncul berapa lama sariawan ini bertahan dalam mulut Anda dan apakah selalu muncul pada tempat yang sama?Apakah hilang dengan sendirinya?Jika selalu muncul pada tempat yang sama, bagaimana susunan gigi Anda pada daerah tersebut apakah ada gigi yang posisinya keluar lengkung rahang/tidak normal?  Apakah Anda sedang dalam perawatan orthodontik (kawat gigi/behel)? Coba Anda ingat kembali, apakah sariawan tersebut timbul menjelang atau saat Anda menstruasi?

Sariawan dalam bahasa medis disebut Stomatitis Aftosa Rekuren, dimana rekuren berarti hilang timbul. Selama ini awam sering menganggap bahwa sariawan hanya karena kurang vitamin padahal ada banyak faktor pemicu yang sering dikaitkan dengan kemunculan sariawan, meski penyebabnya hingga kini masih diperdebatkan dan belum benar-benar dapat dipastikan. Salah satunya adalah gangguan hormonal, oleh sebab itu di awal kamipertanyakan apakah timbulnya sariawan Anda mungkin berdekatan dengan masa menstruasi Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu Anda. 

0 Komentar

Belum ada komentar