Sukses

Apakah Penderita Cacar Air Boleh Mandi?

14 Apr 2016, 19:16 WIB
Pria, 34 tahun.

Selamat Siang Dok, Saya mau tanya beberapa hari yang lalu saya sudah berobat ke dokter dekat tempat tinggal saya, saat ini saya lagi menderita cacar air. Ternyata obat yang diberikan dokter pada saat saya berobat hari ini sudah habi sementara penyakit saya belum sembuh, apakah saya perlu berobat lagi untuk mendapatkan obat? Apakah penderita cacar air boleh mandi? Terimakasih Zulham E

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Ya, memang sebaiknya anda kembali mengunjungi dokter (kontrol) agar dapat dilakukan evaluasi lebih lanjut terhadap perjalanan penyakit anda, terutama apabila anda masih merasakan adanya keluhan yang mengganggu.

Menjaga kebersihan kulit merupakan salah satu faktor yang penting untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder. Mandi sebagai salah satu cara untuk menjaga kebersihan kulit memang banyak diperdebatkan. Pasalnya adalah gosokan ketika mandi akan membuat vesikel atau gelembung memecah sehingga memudahkan terjadinya infeksi sekunder.  Mandi sebaiknya dilakukan, kemudian untuk lesi yang belum pecah diberi bedak untuk menghindari agar tidak memecah, apabila sudah memecah untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder bisa diberi salep antibiotik. Untuk mempercepat penyembuhan Anda bisa mengkonsumsi makaan yang bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan, dan gizi yang seimbang serta istirahat yang cukup. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar