Sukses

Solusi Nyeri Sendi Karena Asam Urat

14 Apr 2016, 18:59 WIB
Pria, 45 tahun.

Pagi dok, saya penderita asam urat tinggi dgn kadar 12. Saat ini seluruh sendi saya sgt sakit untuk digerakkan. Obat apa yg hrs saya konsumsi utk memperbaiki sendi saya ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com. 

Gout arthritis adalah peradangan sendi akibat pengendapan kristal urat pada sendi. Seorang dengan gangguan ini akan mengeluhkan adanya nyeri sendi, sendi kemerahan dan tidak dapat digerakkan.

Sendi yang umumnya terkena adalah sendi pada pangkal jari jempol atau ekstremitas bawah. Gout atau orang awam bilang “asam urat” adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat mengontrol  asam urat, sehingga kristal asam urat yang berlebihan akan menumpuk di jaringan tubuh. Gout ditandai dengan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh dan menyebabkan inflamasi (radang) pada persendian (artritis). Gout kronik (jangka panjang) dapat menyebabkan penumpukan asam urat didalam dan sekitar persendian, menurunkan fungsi ginjal dan membentuk batu ginjal.

Gout tidak dapat disembuhkan, namun dapat diobati dan dikendalikan. Gejala-gejala dalam 24 jam biasanya akan hilang setelah mulai pengobatan.  Gout secara umum diobati dengan obat anti inflamasi. Yang termasuk didalamnya adalah:

  • NSAIDs, seperti ibuprofen atau naproxen, secara umum diberikan untuk mengobati serangan berat dan mendadak, obat ini bisasanya menurunkan peradangan dan nyeri dalam beberapa jam
  • Kortikosteroid, dapat diberikan pada orang yang tidak dapat menggunakan NSAIDs
  • Steroid bekerja menurunkan peradangan. Steroid dapat di suntik (injeksi) langsung pada sendi yang terkena atau diminum dalam bentuk pil
  • Colchicine sering juga digunakan untuk mengobati peradangan pada penyakit gout
  • Allupurinol dapat menurunkan kadar asam urat dengan cara menekan produksi asam urat. Obat ini bekerja pada metabolisme asam urat dengan mencegah perubahan zat purine dalam makanan menjadi asam urat. Pengobatan ini tidak dianjurkan untuk orang dengan fungsi ginjal yang kurang, selain itu dapat menimbulkan efek samping seperti kemerahan dan kerusakan hati.

Untuk mendapatkan pengobatan tersebut, periksakanlah diri anda kepada dokter terdekat. Sebaiknya hindari mengkonsumsi obat tanpa pengawasan dokter untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

Demikian, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar