Sukses

Cara Mencegah Penularan Hepatitis C

13 Apr 2016, 19:15 WIB
Pria, 66 tahun.

Dokter, saya positip penderita Hepatitis C kronis dan saat ini dalam pengobatan dokter internist di Balikpapan. Pertanyaan : Dalam keluarga bagaimana cara pencegahan penularan nya agar penyakit tersebut tidak menular. Terimakasih, Salam, djoko suhadi

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Infeksi virus hepatits C dapat ditularkan melalui kontak darah dengan penderita seperti misalnya melalui transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, berganti-ganti jarum suntik pada penderita narkoba.

Hingga saat ini masih kontroversial apakah virus hepatitis C dapat menular melalui cairan tubuh (seperti virus hepatitis B) melalui hubungan seksual. Namun perlu diwaspadai, jika Anda seorang penderita hepatitis C dan akan berhubungan seksual dengan pasangan, jika anda memiliki luka terbuka dan pasangan anda sedang dalam kondisi imun yang rendah, maka pasangn Anda dapat beresiko untuk terpapar virus hepatitis C tersebut. Untuk itu kami menganjurkan Anda jika ingin berhubungan seksual dapat menggunakan kondom untuk mencegah resiko penularan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar