Sukses

Bercak Hitam Dikulit Bekas Gigitan Nyamuk

13 Apr 2016, 19:16 WIB
Pria, 15 tahun.

Dokter saya mau tanya Kalau malam hari saya suka digigit nyamuk..dan pagi harinya itu bekas dari gigitan nyamuk itu gatal dan membengkak kecil.lalu setelah beberapa hari gatal itu menjadi bercak hitam dikulit saya..itu kenapa dok? Terima Kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Ketika nyamuk hinggap di kulit, nyamuk akan menghisap darah kita untuk makan. Selama proses tersebut, terdapat sebagian kecil liur nyamuk yang ikut masuk ke dalam kulit. Sistem pertahanan tubuh kita kemudian akan teraktivasi karena menganggap liur tersebut sebagai benda asing, sehingga terjadilah proses inflamasi (peradangan) yang melepaskan zat histamin yang menyebabkan kulit kita terasa gatal dan muncul bentol (bengkak kecil pada kulit). Semakin kita menggaruk kulit maka pelepasan zat histamin juga semakin meningkat sehingga rasa gatal semakin menjadi. Proses inflamasi ini juga memicu peningkatan produksi melanin (yang bertugas memberikan warna pada kulit) sehingga kulit di area inflamasi tersebut dapat mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap.

Warna gelap bekas gigitan nyamuk memang dapat mengganggu estetika kulit. Umumnya bekas ini akan menghilang secara perlahan bila tidak digaruk. Kulit yang kering dapat memperberat rasa gatal. Yang dapat Anda lakukan di rumah adalah:

  • Pilih sabun mandi yang mengandung banyak moisturizer dengan sedikit busa
  • Gunakan pelembab bila perlu
  • Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering
  • Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan
  • Gunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya

Apabila keluhan Anda semakin memberat, periksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk evaluasi langsung dan pengobatan yang optimal.

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar