Sukses

Banyak Dahak di Tenggorokan

03 Jul 2015, 07:58 WIB
Pria, 45 tahun.

Di tenggorokan saya selalu berdahak padahal saya tidak flu. Jika saya banyak bicara, dahak akan sangat terass di tenggorokan dan mulut jadi kering, dan bau mulut. Apa sebabnya dan apa obatnya. ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com

Banyak hal yang dapat menyebabkan tenggorokan berlendir atau berdahak. Tenggorokan berlendir atau berdahak dapat disebabkan karena infeksi, alergi, iritasi, dan sebagainya. Perokok aktif juga biasanya memproduksi dahak lebih banyak daripada bukan perokok. AApakah Anda mengalami sakit tenggorokan saat menelan? Apakah Anda mengalami nyeri di bagian wajah disertai hidung terseumbat?

Keluhan yang Anda alami tersebut bisa jadi merupakan gejala sinusitis. Namun demikian, tetap diperlukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter sebelum menegakkan diagnosis pasti.

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

  • Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus
  • Kurangnya oksigen
  • Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Gejala sinusitis dapat berupa hidung tersumbat, pilek yag tak kunjung sembuh, nyeri pada daerah wajah atau kepala dan juga keluhan seperti adanya lendir di tenggorokan yang berasal dari hidung yang dikenal sebagai post nasal drip (seperti yang Anda keluhkan).

Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Beberapa jenis infeksi yang dapat menyebabkan sinusitis di antaranya adalah infeksi saluran napas dan infeksi gigi (terutama bagian atas). Sedangkan pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi). Obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengurangi gejala tersebut di antaranya adalah antihistamin dan steroid. Anda harus menghindari faktor pencetus alergi tersebut agar sinusitis tidak kambuh lagi. Untuk itu, faktor tersebut harus dikenali terlebih dahulu. Alergi dapat dicetuskan oleh debu, udara dingin, asap rokok, dan lain-lain. 

Setiap faktor perlu digali untuk menentukan terapi yang sesuai.  Kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT untuk mendiskusikan hal ini lebih lanjut agar mendapatkan pengobatan yang tepat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar