Sukses

Penanganan Bekas Jerawat

06 Jun 2015, 15:50 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat malam dok. Saya mau nanya saya pusing deh dok dengan masalah jerawat yg saya alami semenjak SMP kelas 8. Saya sekarang udah kuliah semester 5, jerawat saya gak hilang2. Pernah jerawat saya hilang saat saya ke Erha, tapi karena keuangan keluarga saya tidak menentu jadi saya berhenti, dan sekarang jerawat saya muncul lagi dan tambah banyak. Segala obat alami dan obat di apotek sudah pernah saya praktekan justru malah membuat pinggiran bibir dan hidung saya iritasi. Saya bingung dok harus gimana lagi, gara gara saya stress mikirin jerawat membuat jadwal haid saya gak teratur :'( dok please kasih saran untuk ngilangin jerawat saya :'( Makasih sebelumnya dok -Aztauvirna (19) Jakarta

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Jerawat (acne vulgaris) terbentuk karena adanya sumbatan kelenjar sebum (lemak) pada folikel rambut. Hormon androgen meningkatkan produksi dari kelenjar lemak. Bila saluran keluar kelenjar tersebut tersumbat misalnya oleh keratin (lapisan dari kulit, misalnya kulit yang mati), maka terjadi tumpukan lemak pada saluran tersebut. Kuman Propionibacterium acne dapat berkembang biak pada saluran yang tersumbat tersebut, membuat saluran menjadi radang dan akhirnya timbullah jerawat.

Ada beberapa faktor risiko timbulnya jerawat (acne vulgaris), yaitu:

  1. perubahan hormon: hal ini biasa terjadi pada usia puber, masa kehamilan, pada wanita (2-7 hari sebelum menstruasi), dan mengkonsumsi obat-obat tertentu.
  2. penggunaan kosmetik yang berlemak (oily cosmetics) seperti cleansing creams, moisturizer
  3. stress
  4. genetik (keturunan)
  5.  tekanan atau gesekan pada kulit.

Untuk mencegah timbulnya Anda dapat menjaga kebersihan kulit. Meskipun belum terbukti mengurangi atau mencegah jerawat, disarankan untuk mengurangi makanan berlemak. Anda dapat membaca informasi mengenai jerawat lebih lengkap pada artikel Jerawat

Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit kulit mencari pengobatan untuk jerawat, bila jerawat tersebut sudah banyak sekali dan mengganggu kosmetik. Pengobatan yang cepat akan memberikan hasil yang baik (tidak ada bekas di wajah). Tindakan membatasi makanan berlemak, menjaga kebersihan saja terkadang tidak cukup untuk menhilangkan jerawat. Oleh karena itu, Anda perlu mendapatkan pengobatan dari dokter spesialis kulit, baik obat oles maupun obat minum (bila sudah parah). Bekas jerawat dapat dihilangkan dengan teknologi laser, namun tindakan ini umumnya dilakukan di klinik kecantikan yang besar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar