Sukses

Telinga Tidak Berfungsi Karena Pernah Kemasukan Serangga

13 Apr 2016, 09:48 WIB
Wanita, 22 tahun.

Salam, Saya Siska, waktu SD saya mengalami kemasukan serangga di telinga sebelah kiri namun karena kurangnya penanganan telinga saya sebelah kiri jadi tidak berfungsi, saya sudah berobat namun kata dokter gendang telinga baik-baik saja ada kemungkinan membrannya tertutup, lantas apa yang semestinya saya lakukan ?. mengingat kejadiannya sudah lebih dari 10 tahun, mohon penjelasannya terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah sebelumnya anda telah melakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis THT?

Gangguan telinga yang anda alami memang dapat berkaitan dengan riwayat kemasukan serangga tersebut. Namun, tidak menutup adanya kemungkinan penyebab lain. Untuk itu sebaiknya anda kembali memeriksakan diri kepada dokter spesialis THT. Karena, Untuk mendiagnosa suatu penyakit dibutuhkan:

  • Wawancara lebih lanjut seperti: sudah berapa keluhan dirasakan? Bagaimana awal mulanya? Pengobatan apa sajakah yang sudah diberikan? Apakah Anda pernah mengalami keluhan seperti ini sebelumnya? Apakah ada riwayat keluar cairan dari telinga? Apakah ada gejala lain seperti demam, nyeri pada telinga, telinga berdenging?
  • Pemeriksaan fisik secara langsung: menilai kondisi telinga luar, liang telinga, dan gendang telinga
  • Pemeriksaan penunjang (jika diperlukan): misalnya pemeriksaan audiometri, tes penala

Jika telah dilakukan pemeriksaan audiometri, maka dapat dilihat asal dan jenis dari gangguan pendengaran anda tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar