Sukses

Parotitis

05 Jun 2015, 00:57 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok?saya punya penyakit kelenjar air liur / parotis?sudah makan obat antibiotik dari dokter?namun masih ada benjolan keras?bila tidak di obati apakah berbahaya dok? mohon bantuannya? terimakasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Parotitis merupakan peradangan atau infeksi kelenjar ludah parotis. Kelenjar ini merupakan kelenjar ludah utama, dan terletak di sudut rahang bawah dan di bawah daun telinga. Jika membengkak, telinga akan terdorong ke atas. Hal ini akan membedakan pembengkakan kelenjar parotis dari pembengkakan kelenjar limfe yang berada pada daerah yang sama.

Saat ini, penyebab utama parotitis adalah infeksi bakteri, karena parotitis karena virus paramyxovirus (mumps) sudah jarang ditemukan berkat diwajibkannya imunisasi MMR (Mumps, Measles, Rubella) pada anak. Umumnya bakteri penyebab parotitis bakterial adalah Staphylococcus aureus. Ada juga virus lain yang menyebabkan parotitis, namun biasanya setelah beberapa hari akan sembuh sendiri.

Mumps merupakan parotitis yang mudah menular, sedangkan parotitis karena infeksi bakteri tidak menular (kecuali karena terpapar nanah/pus yang ada). Mungkin pada pada artikel-artikel yang Ibu baca, yang dimaksud adalah mumps. Sedangkan pada Ibu, kemungkinan besar penyebabnya adalah infeksi bakteri, karena itu Ibu diberikan obat antibiotik oleh dokter. Sedangkan kalau mumps akan membaik sendiri setelah 5 - 9 hari, tanpa diberikan pengobatan.

Kami menyarankan Ibu kembali ke dokter untuk mendapatkan obat antibiotik lagi. Kali ini yang sebaiknya diberikan adalah obat antibiotik kombinasi amoxicillin dan asam klavulanat, 500 mg  2x per hari, antara 3 - 5 hari. Obat lain masih bisa diberikan untuk mengurangi rasa sakit yang ada. Selain itu, Ibu perlu menjaga kebersihan mulut serta gigi. Apakah ada gigi yang karies? Kami menganjurkan Ibu untuk memeriksakan gigi ke dokter gigi, karena penyebab parotitis bakteri biasanya karena adanya infeksi pada rongga mulut. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. 

Terimakasih.

0 Komentar

Belum ada komentar