Sukses

Diabetes dan Fatty Liver

16 Aug 2015, 09:04 WIB
Pria, 26 tahun.

1. Setelah melakukan check up ternyata gula darah puasa saya mencapai angka 180 (sesudah makan nasi porsi cukup besar mencapai angka 380, sebenarnya sudah dari tahun lalu diketahui gula darah saya tinggi) namun sekarang sepertinya saya ingin menangani gula darah saya dengan serius. Bisakah dokter memberikan saya saran obat apa yang harus saya minum dan diet seperti apa yang harus saya jalani? Karena kulit saya mulai terkena jamur dan mulai terasa agak sedikit kasar di bagian telapak tangan. 2. Dari hasil tes darah juga ditemukan SGOT SGPT saya tinggi (meskipun sudah turun dari tahun lalu) yakni pada angka 110 & 160, dan dari hasil USG tahun lalu liver saya tidak ada keanehan, namun didiagnosa fatty liver. Mohon saran juga dari dokter saran untuk fatty saya ini dan bagaimana penggabungan dengan penanganan gula darah saya. Terima Kasih Doni Hermawan

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan menjawab pertanyaan anda satu persatu.

1. Setelah melakukan check up ternyata gula darah puasa saya mencapai angka 180 (sesudah makan nasi porsi cukup besar mencapai angka 380, sebenarnya sudah dari tahun lalu diketahui gula darah saya tinggi) namun sekarang sepertinya saya ingin menangani gula darah saya dengan serius. Bisakah dokter memberikan saya saran obat apa yang harus saya minum dan diet seperti apa yang harus saya jalani? Karena kulit saya mulai terkena jamur dan mulai terasa agak sedikit kasar di bagian telapak tangan.

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan hiperglikemia ( kadar gula tinggi dalam darah). Keadaan hiperglikemia ini disebabkan karena kurangnya produksi hormon insulin (diabetes mellitus tipe 1- faktor genetik, diderita sejak kecil) atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap insulin (diabetes melitus jenis 2-baru diderita pada masa dewasa akibat menjalani gaya hidup yang kurang sehat-berat badan berlebih, merokok,dll).

Hormon insulin berfungsi untuk mengangkut gula yang ada di dalam darah untuk digunakan oleh sel-sel tubuh. Kekurangan hormon insulin atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap hormon insulin dapat mengganggu distribusi gula ke dalam sel-sel tubuh. 

Tujuan dari pengobatan diabetes adalah dengan mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Jika gula darah tidak stabil atau bahkan cenderung meningkat, dapat mengakibatkan komplikasi  mulai dari risiko terkena penyakit jantung, stroke, gagal ginjal hingga pada seluruh organ tubuh.

Jenis pengobatannya pun tergantung dari kadar gula darah  Anda dan perjalanan penyakit pada Anda. Pengobatan mulai dari hanya menjaga pola makan dan gaya hidup, obat diabetes oral (tablet), hingga insulin. Obat-obatan diabetes ada banyak jenisnya, dari yang bekerja mengeluarkan insulin hingga yang bekerja meningaktkan fungsi dari insulin.

Anda dapat memulainya dengan berolahraga secara rutin (3-4x dalam seminggu, olahraga ringan-sedang selama minimal 20 menit), mengurangi karbohidrat dan gula dalam diet, dan memperbanyak sayuran dan buah.  Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat kami sarankan Anda melakukan konsultasi ke dokter specialis penyakit dalam. 

2. Dari hasil tes darah juga ditemukan SGOT SGPT saya tinggi (meskipun sudah turun dari tahun lalu) yakni pada angka 110 & 160, dan dari hasil USG tahun lalu liver saya tidak ada keanehan, namun didiagnosa fatty liver. Mohon saran juga dari dokter saran untuk fatty saya ini dan bagaimana penggabungan dengan penanganan gula darah saya.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang ingin kami tanyakan.

Apakah Anda menderita diabetes? Apakah Anda mengonsumsi alkohol? Apakah saat ini sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu? Bagaimana kadar profil lemak dalam darah Anda?

Secara umum, fatty liver dapat disebabkan oleh alkohol, obesitas, diabetes mellitus, konsumsi obat kortikosteroid, hiperlipidemia, dll. Pada fatty liver yang tidak terlalu berat, terkadang tidak dibutuhkan penanganan apapun. Namun, kontrol berat badan, diet rendah lemak dan olah raga terkadang dapat memberikan hasil yang baik dan mengurangi perjalanan perkembangan fatty liver.

Anda terlebih dulu perlu mengetahui apa yang menyebabkan kondisi fatty liver Anda dan menghindarinya agar tidak terjadi perburukan. Anda juga perlu menjalankan pola hidup sehat, dengan:

  1. Makan teratur  dan bergizi
  2. Istirahat cukup
  3. Olahraga (3-4x/minggu, @30 menit)
  4. Tidak merokok
  5. Jalani hidup dengan santai dan hindari stres

Anda juga perlu menghindari makanan-makanan berikut untuk menjaga kadar lemak dalam darah Anda terkontrol:

  • Hindari makan goreng-gorengan

  • Makanan dengan kandungan tinggi lemak

  • Hindari alkohol

  • Hindari makanan yang akan memperberat penyakit yang menjadi penyebab terjadinya fatty liver pada diri anda

  • Tingkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan

Sebagai informasi tambahan Anda, Anda dapat mengunjungi Rubrik Kolesterol yang kami miliki. Kami sertakan artikel yang dapat Anda baca : Perlemakan Hati - Fatty Liver

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar