Sukses

Biduran Tidak Kunjung Sembuh

05 Jun 2015, 08:23 WIB
Wanita, 35 tahun.

Selamat Malam dok, Saya ingin tanyakan, mengapa biduran ato kaligata saya tidak.kunjung hilang ya dok?saya pernah kena biduran mgkin sekitar 10 th lalu dan sempat hilang tanpa pengobatan apapun tetapi mengapa kini biduran ato kaligata tersebut kambuh lagi ya dok? Terutama saat hawa dingin dan ketika saya stress. Apakah tiap hari saya hrs minum obat celestamine spt yg saya konsumsi jika biduran ato kaligata tersebut kambuh? Karena setiap hari selalu saja timbul biduran nya dok. Mohin bantuan nya ya dok apa yg hrs saya lakukan? Trmksh.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Biduran istilah medisnya adalah urtikaria. Urtikaria adalah bentuk reaksi vaskuler pada kulit yang ditandai oleh edema dan eritema berbatas tegas (urtika) disertai rasa gatal yang bervariasi seperti, tersengat, rasa terbakar, seperti tertusuk-tusuk. Setiap kapankah  Anda mengalami biduran atau alergi tersebut? Apakah  Anda sudah pernah diperiksakan ke dokter atau diberikan obat? Bagaimana hasilnya? 

Untuk mendiagnosis suatu kelainan kulit, diperlukan wawancara medis serta pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang secara langsung. 

Diduga penyebab urtikaria bermacam-macam, diantaranya:

  • Obat. Contohnya adalah antibiotik golongan penisilin, aspirin, obat-obatan hormonal, vaksinasi, pil kontrasepsi, dll.

  • Makanan. Contohnya adalah susu, keju, telur, gandum, ikan, ayam, dll. Zat pewarna, penyedap rasa atau bahan pengawet juga dapat menimbulkan urtikaria.

  • Lingkungan. Terpapar dengan debu rumah, jamur, perubahan temperatur, serbuk sari bunga, dll.

  • Stress. Pada urtikaria yang berulang, faktor emosional perlu diperhatikan. Stress emosional dapat secara langsung dan tidak langsung menyebabkan seseorang meningkat kemungkinan terjadi urtikaria.

  • Penyakit sistemik. Beberapa penyakit dan keganasan dapat menimbulkan urtikaria. Beberapa penyakit sistemik yang sering disertai urtikaria antara lain limfoma, hipertiroid, Lupus Eritematosus Sistemik, dll.

  • Gigitan serangga. Gigitan serangga dapat menimbulkan urtikaria setempat. Nyamuk, lebah dan serangga lainnya menimbulkan urtikaria bentuk papul di sekitar tempat gigitan, 
    biasanya sembuh sendiri

Anda perlu mengenali bahan / alergen yang menyebabkan biduran pada Anda, sehingga dapat menghindari alergen tersebut. Biduran tersebut dapat dihilangkan dengan obat antihistamin. Namun jika Anda tetap berkontak dengan hal tersebut, biduran akan tetap muncul.

Untuk mengetahui penyebab alergi, Anda juga dapat melakukan serangkaian tes alergi. Oleh karena itu, kami anjurkan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar