Sukses

BAB Keras Pada Anak BAB Keras Pada Anak

13 Apr 2016, 08:32 WIB
Wanita, 24 tahun.

Awal MPASI anak saya (skrg umur 16m) mengalami bab keras selama sebulan dan bolak balik berdarah,sekarang apabila bab ny agak besar atau agak keras sedikit msh bs berdarah,apakah bahaya?dan sering kali awalny padat,belakangnya encer/lembek,apakah bahaya?trims

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Ibu. BAB pada anak memang bergantung pada asupan makanan yang diberikan. Jika memang asupannya sedikit maka BABnya juga menjadi jarang dan jika telah mengkonsumsi susu formula maka akan mempengaruhi frekuensi BAB anak. Bayi yang disusui ASI memiliki tinja yang lebih lunak, sehingga gerakan usus menjadi lebih mudah, dan memiliki kadar hormon tertentu lebih tinggi sehingga ada peningkatan gerakan usus. Sedangkan susu formula lebih sulit untuk dicerna, umumnya gerakan usus pada bayi-bayi ini lebih lambat sehingga mengakibatkan BAB lebih jarang, tinjanya lebih tebal. Selain itu jika frekuensi masuknya susu juga kurang, bayi cenderung lebih sulit BAB.

Bila BAB anak terus menerus keras, maka dapat terjadi gesekan pada saluran cerna anak dan menyebabkan keluar darah pada saat BAB. Hal ini tidak dapat dibiarkan saja.

Jika anak Anda diberikan susu formula, Anda dapat menyiasatinya dengan memberikan susu formula yang lebih encer (tidak terlalu kental) agar lebih mudah dicerna, dan pastikan agar bayi Anda tidak kurang minum. Cobalah variasi beberapa formula yang encer untuk memantau kondisi buang air besar bayi Anda.

Berikut beberapa artikel yang berkaitan dengan pertanyaan Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar