Sukses

Penyebab Nyeri Dada Kiri

13 Apr 2016, 09:03 WIB
Pria, 24 tahun.

dear dokter, saya mau tanya sekitar 6 bulan ini dada kiri saya sering nyeri, ditambah punggung kiri yg sakit seperti di tusuk2 dan menjalar ke tangan seperti kesemutan. saya sudah pernah memeriksakan diri ke dokter jantung RS Harapan Kita, hasil EKG dan treadmill dinyatakan normal, saya mampu mengikuti treadmill selama 11 menit. tapi kenapa dada dan punggung saya masih sering sakit seperti di tusuk2 dan tangan kesemutan ya dok. saya belum mencoba echocardiography, apakah mungkin saya menderita kelainan jantung? apakah kelainan katup jatung / kebocoran jantung bisa di deteksi hanya dengan stetoskop? karena dokter hanya melakukan pemeriksaan dengan stetoskop nya. informasi tambahan: kolesterol saya terakhir total: 177, HDL: 42, LDL: 122, TG: 149. terima kasih dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan nyeri di dada sebelah kiri tidak hanya dapat disebabkan oleh kelainan jantung, namun juga bisa terjadi karena gangguan kulit, otot, tulang, paru-paru atau lambung.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Apakah anda merasakan keluhan yang demikian?

Jika anda telah melakukan pemeriksaan kepada dokter, termasuk dilakukan tes treadmill dan EKG dan hasilnya normal, maka penyebab kelainan jantung dapat disingkirkan. Selain itu, pada usia anda yang muda jarang sekali ditemukan penyakit jantung.

Dan ya, dokter dapat mendeteksi adanya kelainan katup jantung hanya dengan pemeriksaan menggunakan stetoskop. Yaitu mendegarkan suara jantung yang terdengar bising sesuai lokai katup jantung yang mengalami kebocoran. Namun memang untuk membuktikannya diperlukan juga pemerikaan Echocardiography jantung.

Dari hasil pemeriksaa profil lipid anda juga terlihat dalam batas normal.

Oleh karena itu anda perlu memikirkan kemungkinan penyebab nyeri dada kiri diluar masalah jantung, yaitu paru-paru, lambung atau mungkin psikologis.

Lakukanlah kunjungan ulang (kontrol) dengan dokter anda agar dapat dilakukan evaluasi lebih alnjut mengenai keluhan anda tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar