Sukses

Mengatasi Anemia Pada Anak

07 Sep 2015, 21:09 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok. Apa obat anemia yang cocok untuk anak umur 13 tahun?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bila Anak terkena anemia, berikut adalah beberapa cara untuk mencegah dan mengatasinya:

Anemia yang disebabkan oleh gangguan nutrisi sepeti kekurangan zat besi dan vitamin lainnya sangat mudah sekali untuk dicegah. Pastikan anak mengonsumsi makanan bergizi seimbang dengan mengikuti saran berikut:

  • Hindari memberikan anak Anda susu sapi hingga usianya 12 bulan
  • Bila anak Anda menyusui ASI, berikan MPASI yang mengandung zat besi seperti sereal (tentunya ketika Anda sudah dapat memberikannya makanan padat). Hingga usia 6 bulan, bila anka Anda masih ASI ekslusif maka ia akan mendapatkan zat besi yang cukup hanya dari air susu ibu.
  • Bila Anda memberikan susu formula pada si kecil pastikan untuk memilih susu formula yang mengandung tambahan zat besi
  • Bila anak sudah cukup besar dan dapat makan sesuai makanan orang dewasa, pastikan anak Anda memakan makanan yang mengandung zat besi. Zat besi dapat ditemukan di telur, daging merah, kentang, tomat, sayuran hijau. Selain itu untuk meningkatkan penyerapan zat besi pada si kecil, tambahkan jeruk (jus, buah) atau makanan yang mengandung vitamin C lainnya untuk membantu penyerapan zat besi.

Dengan penanganan yang baik, anemia pada anak dapat membaik dengan cepat. Pastikan untuk menghubungi dokter spesialis anak Anda bila Anda curiga anak Anda mengalami anemia.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar