Sukses

Ingin Hamil Lagi Pasca 2 Kali IUFD

18 Nov 2015, 20:31 WIB
Wanita, 26 tahun.

sore dokter,saya sudah hamil 2x namun keduanya mengalami IUFD. bagaimana solusinya agar saya bisa menjalani hamil kembali dengan kondisi yg lebih baik? menurut dokter yang menangani saya pada waktu itu tali pusat bayi terplintir. itu diketahui pada saat sy telah melahirkan. usia kandungan saya pada waktu itu sekitar 24 minggu. apakah ada faktor lain yang menyebabkan IUFD? mohon solusinya,terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. IUFD atau intrauterine fetal death adalah Kondisi yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari ibu maupun janin. Dari faktor ibu, misalnya infeksi pada masa kehamilan.

Sebaiknya untuk menghindari kelainan pada kehamilan Anda, Sebelum merencanakan kehamilan Anda dapat melakukan pemeriksaan TORCH (Toxoplasma. Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes Simplex).

Disamping itu, yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Minum susu baik untuk keseimbangan gizi Anda. Perlu juga diperhatikan: 

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

 

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Merencanakan Kehamilan 

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan

6 Tips untuk Mempercepat Kehamilan

Persiapkan Kehamilan dengan Konsumsi Asam Folat

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar