Sukses

Sakit Kepala, Muntah Dan Perut Kembung

12 Apr 2016, 20:59 WIB
Wanita, 58 tahun.

ibu sy ini sering mengeluh sakit kepala, muntah2 dan perut kembung,..apakah ini maag ya dok,..gmn penyembuhanya soalnya tiap kedokter sembuh sebentar lalu kambuh lagi,,,trima kasih ya dok,...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Dari gejala yang Anda utarakan, adalah sakit kepala disertai mual dan muntah. Gejala tersebut biasanya ada pada vertigo. Tapi sebelumnya Kami ingin menanyakan apakah Anda juga merasakan sakit kepala berputar? jika ya yang Anda alami mungkin vertigo.

Pengertian vertigo adalah : sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan sekitarnya, dapat disertai gejala lain, terutama dari jaringan otonomik akibat gangguan alat keseimbangan tubuh. Vertigo (sering juga disebut pusing berputar, atau pusing tujuh keliling) adalah kondisi di mana seseorang merasa pusing disertai berputar atau lingkungan terasa berputar walaupun badan orang tersebut sedang tidak bergerak. Keluhan tersebut disertai mual dan muntah. 

Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

  1. Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
  2. Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Bila berbagai keluhan yang Anda rasakan sudah sangat mengganggu aktivitas sehari- hari, kami menyarankan Anda memeriksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik langsung sehingga dapat didiagnosis secara tepat dan mendapat terapi yang sesuai.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar