Sukses

Pandangan Kabur setelah Berolahraga

18 Mar 2016, 11:28 WIB
Pria, 27 tahun.

Berat badan saya tadinya sekitar 95kg. dalam 7-8 bulan terakhir saya berhasil menguranginya menjadi sekitar 70kg sekarang melalui olahraga dan mengurangi karbohidrat (tidak makan nasi). sampai sekarang saya masih rutin berolahraga disertai angkat beban. yang saya ingin tanya. setelah berolahraga, terkadang mata saya berkunang-kunang, melihat sekitar sangat terang dan pandangan kabur / buram. Padahal olahraganya tidak terlalu keras. Kira-kira apa penyebabnya ya dokter? terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Silakan klik next untuk melanjutkan ke penjawaban dr. Suci Dwi Putri.

Pandangan Kabur setelah Berolahraga

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kami menduga keluhan anda berhubungan dengan kelelahan tubuh. Jantung yang bekerja terlalu cepat tidak dapat memompa darah secara efektif dan efisien, sehingga aliran darah ke otak berkurang, timbul pandangan kabur atau berkunang-kunang.

Yang perlu Anda perhatikan saat berolahraga  adalah: 

  • Hentikan latihan apabila anda merasa kelelahan atau sesak napas. Lakukan pengurangan aktivitas fisik secara perlahan. Istirahatlah dengan mengangkat kaki anda lebih tiggia
  • Jangan berolahraga apabila anda sedang tidak enak badan atau mengalami demam
  • Hentikan latihan apabila anda mengalami detak jantung tidak beraturan atau berdebar-debar. Periksa frekuensi nadi anda setiap 15 menit. Apabila masih tetap diatas 120-150x/menit, segeralah berkonsultasi dengan dokter

Hitung target frekuensi nadi Anda untuk latihan yang bersifat aerobik. Caranya adalah dengan rumus: (220 - usia) x 80%. Usia Anda adalah 27 tahun, maka target frekuensi nadi Anda maksimal adalah 157. 

Intinya peningkatan intensitas olahraga harus Anda lakukan bertahap. Ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan dulu ke dokter untuk menyingkirkan adanya kondisi yang dapat menyebabkan masalah bila Anda berolahraga terlalu keras.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar