Sukses

Anak Demam

04 Jun 2015, 15:31 WIB
Pria, 2 tahun.

anak saya demam lebih dari 38-39'C, pilek (lendir bening). sudah saya beri obat parasetamol, memang demamnya turun tapi beberapa jam kemudian panas lagi.ini sudah berlangsung 4 hari dok, anak saya jika tidak lagi demam tetaap aktif, minum air putih lancar minum susu agak berkurang, nafsu makan agak berkurang. sebabnya apa ya dok, apa mesti dibawa ke dokter atau tidak perlu.terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya kami ingin bertanya beberapa hal. Anda mengatakan anak anda demam, apakah ada keluhan lain selain demam? Demam merupakan mekanisme normal oleh tubuh saat tubuh ingin melawan benda asing seperti bakteri, virus dan lainnya. Kemungkinan besar bila demam anak tidak turun-turun setelah lebih dari 3 hari maka terdapat infeksi yang perlu diatasi. 

Kami sarankan Anda membawa anak Anda ke dokter sebab demam tidak juga dapat teratasi dengan pemberian obat penurun panas biasa. Diperlukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk mengetahui penyebab demam anak Anda. Untuk sementara berikan air putih yang banyak kepada anak Anda, berikan makanan bergizi, kompres dengan air hangat, serta perbanyak istirahat.

Obat penurun panas seperti paracetamol dapat diberikan saat suhu anak Anda naik, pemberian paracetamol bisa 3-4x dalam sehari. Oleh karena demam yang tinggi pada anak terkadang bisa menyebabkan kejang demam maka saat suhu anak sudah diatas 39 derjat celcius harus lebih waspada. 

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Semua yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Demam pada Anak

Demam

Benarkah Batuk Pilek Karena Kehujanan?

Penurun Demam Perlemah Imun 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar