Sukses

Kolesterol, Trigliserida dan Asam Urat Tinggi

12 Apr 2016, 20:53 WIB
Pria, 38 tahun.

halo dok, saya baru saja melakukan tes darah di salah satu lab yang ada di jakarta. hasilnya adalah : kolesterol total :223 Trigliserida: 2210 LDL :9 HDL : 21 Ratio LDL/HDL: 0.4 Asam urat :8,1 LED : 42 dari hasil itu apa yang dapat disimpulkan dok? apakah kolesterol saya dianggap tinggi? dan apakah saya juga beresiko mengidap penyakit jantung koroner?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih karena Anda telah memilih untuk menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Kolesterol yang tinggi disebabkan oleh konsumsi lemak yang tinggi, kadar trigliserida Anda juga termasuk di dalam level Tinggi. Kadar trigliserida yang tinggi dapat berperan dalam proses terjadinya aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah), penyakit jantung, dan stroke. Sedangkan Asam urat yang tinggi disebabkan karena makanan yang anda konsumsi mengandung purin dalam kadar yang tinggi juga.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengubah pola hidup: rajin berolah raga (disarankan minimal 5x/minggu), banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran. kurangi makanan fast food / junk food. Bila perlu, dapat diberikan obat kolesterol dan asam urat.

Makanan yang tinggi akan kolestrol terutama makanan yang mengandung saturated fat seperti makanan siap saji (seperti chicken nugget, burger, sosis) serta jenis-jenis daging, susu, mentega, roti, hati,  beberapa jenis seafood seperti udang, kepiting, oyster, cumi-cumi dan kerang. Serta tentu daging olahan seperti sosis. 

Makanan rendah kolesterol diantaranya:

  • Ikan, unggas (ayam, bebek) tanpa kulit, dan potongan daging yang tidak mengandung lemak. Makanan dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, atau direbus lebih baik dari pada digoreng

  • Hindari makanan jadi seperti sosis, bacon, salami. Batasi jenis makanan jerohan seperti hati, ginjal, otak

  • Gunakan susu, keju, yogurt rendah lemak. Gunakan margarin yang rendah lemak dibandingkan mentega.  Batasi kuning telur, putih telur dapat dimakan bebas

  • Makan sayuran dan buah potong (jangan dijus) serta bahan makanan yang terbuat dari gandum seperti oatmeal, roti gandum

  • Makanan seperti bawang mentah, salmon, almond, minyak zaitun, alpokat dianjurkan

  • Banyak makan makanan yang mengandung vitamin C (pepaya, anggur, jeruk, brokoli) dan vitamin E (gandum, almond, kacang tanah)

Makanan yang mengandung tinggi purin dan tinggi protein sudah lama diketahui dapat menyebabkan dan meningkatkan risiko terkena gout. Oleh karena itu anda sebaiknya melakukan diet Purin. Apabila telah terjadi pembengkakan sendi maka penderita gangguan asam urat harus melakukan diet bebas purin.

Namun karena hampir semua bahan makanan sumber protein mengandung nukleoprotein maka hal ini hampir tidak mungkin dilakukan. Maka yang harus dilakukan adalah membatasi asupan purin menjadi 100-150 mg purin per hari (diet normal biasanya mengandung 600-1.000 mg purin per hari). Makan-makanan yang mengandung purin antara lain; Jeroan (jantung, hati, lidah ginjal, usus), Sarden, Kerang, Ikan herring, Kacang-kacangan, Bayam, Udang, Daun melinjo, dsb.

Segera konsultasikan kepada dokter anda untuk mendapatkan pengobatan dengan jenis dan dosis yang tepat. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

1 Komentar

  • emi******no

    Bubuk biji kakao mengurangi tekanan darah tinggi dari sumber berikut https://akurat.co/gayahidup/id-298169-read-tahukah-kamu-ada-segudang-manfaat-kesehatan-yang-dibawa-bubuk-biji-kakao