Sukses

Perubahan Warna Kulit

19 Jun 2015, 10:19 WIB
Pria, 25 tahun.

dokter, lapisan luar kulit saya mengalami ruam atau perubahan warna.. warna merah dan bisa menjadi hitam. mirip seperti kapalan. ini gejala apa ya dok? bagaimana cara mengatasinya dok? masalah ini betul2 membuat mental saya drop kalau ingin bertemu orang. trimakasih dok

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pada bagian manakah tepatnya keluhan tersebut dirasakan?Warna kulit dapat berubah karena adanya perubahan kandungan pigmen. Perubahan kandungan pigmen dapat diakibatkan antara lain oleh bertambahnya pigmen, pigmentasi karena penyakit lain, deposit pigmen karena adanya logam dan obat. Selain itu perlu diketahui apakah terdapat rasa gatal sebelum perubahan warna kulit, atau keluhan lainnya?

Kelainan kulit yang diakibatkan karena bertambahnya kandungan pigmen melanin di kulit dinamakan hipermelanosis. Hipermelanosis dapat menyebabkan kulit menjadi coklat dan abu-abu tergantung pada lokasi melanin di lapisan kulit yang terpengaruh. Pembentukan melanin dapat dipicu salah satunya dengan pajanan sinar matahari.

Perubahan kandungan pigmen akibat pigmentasi karena penyakit lain salah satu contohnya adalah yang dikenal dalam dunia medis dengan homokromatosis. Homokromatosis dapat dilihat sebagai pigmentasi menyeluruh dan terutama pada muka dan bagian lengan, punggung tangan, serta daerah genital. Homokromatosis ditandai dengan adanya pigmentasi, diabetes mellitus, dan hepatomegali, sering disertai dengan kelainan jantung, dan sirosis hati. Pigmentasi yang terjadi pada homokromatosis disebabkan oleh penumpukan melanin, besi, atau keduanya. Bila disebabkan oleh melanin berwarna perunggu, dan bila disebabkan oleh besi tampak warna abu-abu.

Perubahan warna kulit akibat logam berupa pigmentasi akibat adanya penumpukan logam yang dibawa melalui aliran darah atau akibat penggunaan obat luar. Beberapa contoh logam yang dapat menimbulkan gejala ini adalah perak nitrat, bismut, merkuri, emas. Perubahan warna pada penumpukan logam perak nitrat, bismut dan merkuri berwarna keabuan. Sedangkan merkuri berwarna coklat dan abu-abu. Beberapa jenis obat yang dapat menimbulkan gejala ini adalah minoksiklin, klorpromasin, dan klofazimin. 

Untuk mengetahui apakah keluhan yang Anda rasakan merupakan akibat dari pajanan matahari, akibat perubahan kandungan pigmen yang lain, atau karena kondisi medis lainnya, kami sarankan Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit kelamin agar memperoleh terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar