Sukses

Asma Saat Dewasa, Bisa Sembuh?

12 Apr 2016, 20:30 WIB
Pria, 27 tahun.

Dear Dokter, Apakah penyakit atsma yg tetjadi ketika sdh dewasa bisa sembuh, karena sewaktu kecil sampai usia SD blm mengalami atsma ini, bisa dikatakan sehat-sehat saja. Mohon penjelasan nya, dan hal apa yg harus dilakukan. Terimakasih..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Asma merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dikendalikan.

Asma tidak dapat sembarangan didiagnosa. Kecurigaan asma dapat terjadi bila anda menunjukkan gejala batuk dan/atau mengi yang timbul secara episodik, cenderung pada malam hari/dini hari, musiman, setelah aktivitas fisik, serta adanya riwayat asma dan atopi (alergi)  pada penderita atau keluarga. Namun, untuk sampai pada diagnosis asma perlu dilakukan pemeriksaan tambahan seperti uji fungsi paru atau pemberian obat bronkodilator yang digunakan sebagai indikator untuk melihat respons pengobatan. Obat-obatan baru dapat diberikan setelah diagnosis ditegakkan dan dalam pengawasan dokter. 

Adakah riwayat alergi dalam keluarga Anda?

Kami sarankan Anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis paru untuk memperoleh pemeriksaan penunjang yang tepat untuk mengetahui diagnosis pasti Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar