Sukses

Operasi Hernia Dapat Menyebabkan Gangguan Seksual?

12 Apr 2016, 20:33 WIB
Pria, 45 tahun.

Apakah pasca operasi hernia dapat menyebabkan gangguan seksualitas?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih atas pertanyaan anda.

Dalam hal ini apakah gangguan seksual yang anda maksud mengarah kepada keadaan impotensi atau disfungsi ereksi?

Disfungsi ereksi (DE) merupakan salah satu jenis gangguan seksual pada pria. Secara definisi DE adalah kurangnya kemampuan mempertahankan proses ereksi untuk melakukan aktivitas seksual dengan baik. Pada dasarnya disfungsi ereksi terbagi dalam dua faktor penyebab, psikis dan organis. Salah satu penyebab organis adalah kelainan persarafan.

Kelainan persarafan

Kerusakan saraf yang menuju dan meninggalkan penis juga bisa menyebabkan impotensi. Kerusakan saraf ini dapat terjadi akibat:

  • Cedera Diabetes melitus

  • Sklerosis multiple

  • Stroke

  • Obat-obatan

  • Alkohol

  • Penyakit tulang belakang bagian bawah

  • Pembedahan rektum atau prostat.

Namun, perlu juga ditelusuri penyebab lainnya yang paling sering terjadi yaitu penyebab faktor psikis yang mungkin juga menjadi dasar penyebabnya, yaitu:  biasanya dilatarbelakangi oleh faktor kejenuhan, kejengkelan, kekecewaan, hilangnya daya tarik terhadap pasangan, trauma seksual hingga rasa takut gagal yang terpicu dari kurangnya rasa kepercayaan diri. Dan tidak didapatkan kaitan antara pasca operasi hernia dengan impotensi.

Pengobatan yang diberikan bergantung pada penyebab dasarnya, untuk itu sangat penting untuk mengetahui apa yang menyebabkan terjadinya Disfungsi Ereksi. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis andrologi untuk wawancara medis mendetil dan pemeriksaan yang lebih lengkap.

Untuk informasi selengkapnya, kami sertakan artikel yang berjudul Disfungsi Ereksi Pada Pria.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar