Sukses

Mual Dan Pusing Saat Hamil Muda

12 Apr 2016, 19:53 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat siang dokter, Sya sedang hamil usia 1bulan stlh 5bulan yg lalu prnah hamil tp kuret diusia kehamilan 8minggu. Yg sya tanyakn, knapa kehamilan ke2 sya kali ini selalu merasa mual & pusing berlebihan, badan seperti tdk punya tenaga..sya selalu mengoleskan minyak terapi FreshC***e ke kening dan perut yg mual. Apakh hal ini tdk membahayakan janin di perut sya? Thanks dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Mual dan muntah pada ibu hamil memang umumnya wajar dirasakan pada trimester pertama. Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan hormonal pada tubuh ibu yang memicu reaksi mual. Namun tidak tertutup kemungkinan mual baru dirasakan pada trimester kedua, karena sekali lagi kami tekankan bahwa hormonal sangat berpengaruh pada keluhan yang terjadi dimana berbeda-beda antar individu. Jadi, keluhan mual yang Anda rasakan sekarang masih termasuk wajar, asalkan Anda masih bisa makan dan tidak muntah terus menerus (hiperemesis gravidarum).

Sedangkan keluhan pusing dapat bermakna banyak. Terdapat beberapa tipe nyeri kepala dengan penyebab yang bervariasi. Tipe nyeri kepala yang paling sering ditemukan adalah tipe tension, di mana nyeri kepala umumnya terjadi di daerah temporal dan dapat menjalar ke daerah dahi atau belakang kepala.Keadaan ini juga seringkali disebut sebagai nyeri kepala kontraksi otot. 

Idealnya perlu dilakukan penilaian langsung terhadap keluhan yang Anda rasakan sehingga dapat dievaluasi berbagai keadaan yang mungkin menyebabkan. Adapun nyeri kepala umumnya lebih terkait dengan tekanan darah tinggi dibandingkan tekanan darah rendah.

Nyeri kepala dapat dicegah dengan menghindari faktor-faktor yang dapat mencetuskan atau memperberat keluhan tersebut.  Hal ini perlu dilakukan dengan menyesuaikan penyebab timbulnya keluhan nyeri kepala itu sendiri. Selain itu, cobalah untuk lebih rileks. Saat nyeri kepala timbul, cobalah untuk beristirahat sejenak. Penuhi kebutuhan nutrisi Anda dengan menerapkan pola makan sehat. Anda juga dapat mengonsumsi obat analgetik asetaminofen yang aman bagi ibu hamil. Apabila nyeri kepala menetap, segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar