Sukses

Program Hamil
12 Apr 2016, 17:54 WIB
Wanita, 29 tahun.

sy ( 29th) dan suami (32 th) kami sudah menikah 1 thn 6 bln, sampai saat ini saya belum hamil dan kami ingin mengikuti program hamil.Kondisi kami saat ini adalah berbeda kota krn tuntutan pekerjaan, kami bertemu 2minggu sekali selama 3 hari. Saat ini sy mengajukan mutasi namun blm diperbolehkan hal ini kdang membuat saya stress. Adapun riwayat sakit sy adalah flek paru-paru saat sy di SMA,pengobatan selama 6bln.Saat masih kuliah dan terakhir tahun 2014 (akhir tahun) krn kecapaian,dan flu saya batuk darah.Apakah riwayat flek paru paru saya mempengaruhi kesuburan sy? dan apakah sy memerlukan treatment khusus. terimakasih atas jawabannya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Secara umum infeksi TBC pada paru-paru tidak mempengaruhi kesuburan, kecuali jika kuman TBC menyebar ke area tubuh lain (termasuk organ reproduksi) dan menyebabkan infeksi pada organ tersebut. Pada kasus anda, kami menduga jarak dan intensitas hubungan intim yang tidak teratur dapat dicurgai sebagai masalah dalam memiliki keturunan.

Jika Anda ingin cepat hamil maka lakukan hubungan seksual  terutama pada saat masa subur. Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). Untuk mengetahui kapan masa subur Anda, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid Anda dari 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi anda berlangsung teratur selama 28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi anda adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika Anda dan suami melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu.   

Disamping itu, yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  •  Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas)

Berikut adalah beberapa artikel Kami yang dapat Anda akses terkait persiapan kehamilan pada pasangan suami-istri:

Merencanakan Kehamilan

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan

Persiapkan Kehamilan dengan Konsumsi Asam Folat

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar