Sukses

Keluhan Mual dan Sering BAB

05 Jun 2015, 11:03 WIB
Pria, 21 tahun.

Malam dok,ibu saya kena pagi ini mual dan muntah dan katanya perutnya juga sakit sehingga bolak balik kamar mandi terus untuk BAB , apakah ini gejala magh atau apa dok. Makasih , selamat malam

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah ibu anda mengalami demam? Bagaimana dengan konsistensi tinjanya, apakah encer/terdapat darah atau lendir? Diare adalah peningkatan jumlah ( tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam. Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari), persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan). Diare dapat menyebabkan kehilangan cairan dan elektrolit yang cukup signifikan. Kebanyakan diare akan sembuh sendiri tanpa pengobatan.

 

Penyebabnya antara lain

  • infeksi virus (paling sering)
  • infeksi bakteri
  • infeksi parasit
  • infeksi jamur
  • obat-obatan (kafein, alkohol)
  • penyakit non-infeksi (irritable bowel syndrome, inflammatory bowel disease)
  • laktosa (gula yang terdapat di dalam susu)
  • pemanis buatan (sorbitol dan mannitol, pemanis buatan yang terdapat di permen karet atau produk bebas gula lainnya dapat menyebabkan diare pada orang sehat)

Untuk penanganan lebih lanjut, harus dicari tahu penyebabnya melalui wawancara medis dan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Saat ini yang perlu anda lakukan adalah menjaga asupan cairan ibunda untuk mengompensasi cairan dan elektrolit yang keluar dengan mengkonsumsi oralit dan air putih setidaknya 2 liter per hari. Serta membawa beliau ke Dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang memadai, untuk menentukan penyebab dan diagnosis yang tepat.

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar