Sukses

Gangguan Tumbuh Kembang Pada Anak

12 Apr 2016, 11:01 WIB
Wanita, 32 tahun.

Bagaimana cara kita menghadapi bayi yg terlambat tumbuh kembangnya? Usia bayi 12bln, BB hanya 7kg pnjng65cm makannya lahap susunya pun lancar..tlng berikan solusinya dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter

Sebelum membicarakan mengenai faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, sebaiknya kita tengok terlebih dahulu definisi dari tumbuh kembang anak. Pertumbuhan (growth) berkaitan dengan dengan masalah perubahan dalam ukuran fisik seseorang. Sedangkan perkembangan (development) berkaitan dengan pematangan dan penambahan kemampuan (skill) fungsi organ  atau individu. Kedua proses ini terjadi secara sinkron pada setiap individu.

Proses  tumbuh kembang seseorang merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang saling terkait, yaitu  faktor genetik / keturunan, lingkungan bio-fisiko-psiko-sosial dan perilaku. Pertumbuhan dan perkembangan terutama berkaitan dengan status gizi, keseimbangan cairan serta dipengaruhi oleh pola hidup dan pola lingkungan. Proses ini bersifat individual dan unik sehingga memberikan hasil akhir yang berbeda dan ciri tersendiri pada setiap anak.

Tahapan pertumbuhan anak akan berlangsung sangat cepat dalam tahun pertama dan berangsur-angsur berkurang secara bertahap sampai usia 3-4 tahun. Pertumbuhan cepat akan terjadi lagi pada usia 12 tahun hingga 16 tahun yang merupakan masa pubertas. Proses perkembangan anak ada tahapan-tahapannya dan umumnya memiliki target di dalam setiap tahapan usia. Contoh anak usia 9-10 bulan seharusnya sudah bisa merangkak, memengang benda dengan ibu jari dan jari telunjuk, menunjuk dengan jari, dan lain sebagainya.

Gangguan tumbuh kembang anak banyak macamnya. Secara garis besar terbagi atas :

  • gangguan belajar
  • gangguan perilaku
  • gangguan retardasi mental
  • gangguan kelainan bawaan

Ada pula gangguan pada pertumbuhan seperti gizi buruk atau gangguan pada perkembangan seperti gangguan bahasa, gangguan gerak motorik halus, gangguan gerak motorik kasar, dan gangguan sosialisasi serta kemandirian.

Hal-hal yang dilihat dalam tumbung kembang anak antara lain berat badan, tinggi badan, aspek motorik kasar, motorik halus, berbahasa dan sosial. Bila memang terdapat gangguan tumbuh kembang, maka patut diketahui terlebih dahulu sejauh apa gangguan atau keterlambatan yang terjadi. Kami sarankan Anda untuk konsultasi ke Dokter Spesialis Anak atau klinik tumbuh kembang serta disarankan untuk tidak berpindah-pindah agar lebih mudah untuk memantau perkembangan pada anak Anda.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar