Sukses

Kutil Kelamin Vs. Kehamilan

06 Sep 2015, 19:59 WIB
Wanita, 30 tahun.

saya setaun yg lalu habis kena hpv (jengger ayam) bahaya kah jika 2 taun kedepan saya hamil lagi... saya sudah punya anak (2 )

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami turut prihatin dengan kondisi kesehatan Anda saat ini. Jengger ayam atau kutil pada kelamin, dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. 

Jengger ayam pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan gel, salep atau krim pada jengger ayam tersebut, dengan cryosurgery, dengan laser,  atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh.

Jika tidak terdapat masalah pada saluran reproduksi Anda, maka tidak ada masalah untuk hamil. Perlu juga dilakukan pemeriksaan leher rahim Anda dengan papsmear untuk mengevaluasi apakah infeksi HPV juga terjadi pada leher rahim.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar