Sukses

Benjolan Kecil Diantara Rahang Mulut

12 Apr 2016, 09:36 WIB
Pria, 13 tahun.

Dok, tadi pagi saya merasa rahang saya (dekat leher) agak sakit, dibuat menelan juga lumayan sakit. Terus saya iseng lihat ternyata ada benjolan kecil diantara rahang mulut dan leher sebelah kanan. Itu kenapa ya, Dok? Tolong kasih solusinya. Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami menduga 'Benjolan Kecil Diantara Rahang Mulut' yang anda maksud adalah tonsil atau amandel.

Penyakit amandel biasanya disebabkan infeksi bakteri yang menyebabkan amandel menjadi membesar akibat proses peradangan.

Amandel yang membesar ini akan menyebabkan nyeri saat menelan makanan.

Untuk amandel yang disebabkan oleh bakteri, maka untuk mengatasinya diberikan antibiotik. Selain itu dapat pula diberikan obat untuk mengurangi proses peradangan yang terjadi pada amandel tersebut. Untuk mendapatkan pengobatan ini, ajaklah orang tua anda untuk menemani anda memeriksakan diri kepada dokter terdekat.

Beriku tini merupakan beberapa Tips mempercepat pemulihan proses penyembuhan:

  • Hindari minuman dingin,

  • Jauhi es krim,

  • Hindari minuman soda,

  • Jangan makan makanan yang digoreng

  • Hindari makanan manis

  • Perbanyaklah minum air putih hangat.

Bila ternyata sering berulang, dalam sebulan hingga 3 kali mengalami penyakit ini dan terdapat gangguan saat tidur, segera konsultasi ke dokter spesialis THT untuk dipikirkan langkah selanjutnya apakah perlu dilakukan operasi pengangkatan amandel atau tidak.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar