Sukses

Organ Kewanitaan Terlihat Berbeda

11 Apr 2016, 21:01 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, saya 18 tahun dan saya merasa organ kewanitaan saya sedikit berbeda dari yg lain (saya browsing di internet dan katanya keadaan tsb disebut klitoromegali) Saya jg mempunyai masalah pertumbuhan bulu di tubuh. tapi siklus menstruasi saya teratur. Apakh saya normal?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.  Namun, sebelumnya perlu anda perjelas dahulu mengenai ' organ kewanitaan yang sedikit berbeda' yang anda maksud tersebut. Karena informasi yang ada saat ini sangat terbatas, anda tidak menyebutkan ciri-ciri atau karakter dari keluhan anda tersebut maka sulit bagi kami memperkirakan apa yang anda alami.

Mengenai kecurigaan, kami menduga kelaianan yang anda maksud terdapat pada organ klitoris.

Klitoris merupakan salah satu organ seksual yang terdapat pada seorang perempuan. Klitoris berlokasi pada bagian anterior, ujung depan dari pembukaan labia minora, diatas uretra dan vagina. Klitoris pada wanita se-analog dengan penis pada pria namun fungsi dari klitoris khusus untuk meningkatkan kenikmatan seksual.

Klitoris sendiri berukuran seperti kacang polong, bisa lebih besar atau lebih kecil, sangat sensitif karena mengandung sekitar 8000 ujung saraf, dan digunakan untuk stimulasi seksual pada wanita. Bentuk dan ukuran dari klitoris bervariasi, di dalam artikel yang diterbitkan oleh Journal of Obstetrics and Gynecology disebutkan bahwa klitoris memiliki ukuran sekitar 2,5-4,5 mm. Namun tidak ada korelasi antara ukuran klitoris dengan usia perempuan, TB, BB, penggunaan kontrasepsi oral, dan masa postmenopause.

Selama fase perangsangan seksual dan fase orgasme, klitoris akan membesar dikarenakan jaringan tersebut terisikan oleh darah dan wanita tersebut akan mengalami kontraksi vagina. Bentuk klitoris yang berbeda-beda tidak akan mempengaruhi fungsinya sebagai organ seksual.

Mungkin saja bentuk klitoris Anda merupakan variasi dari normal. Selama fungsinya tidak terganggu maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun tentunya akan lebh baik apabila Anda berkonsultasi langsung dengan dokter dikarenakan hal yang Anda keluhkan membutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung guna evaluasi holistik.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar