Sukses

Anak Sering Kencing

10 Apr 2016, 22:12 WIB
Pria, 2 tahun.

Dokter anak saya laki2, sudah 2 mingguan ini sering kencing2 baru beberapa menit sudah kencing lg. Tetapi kencingnya sangat sedikit dan pernah cuma beres aja. Itupun perlu waktu lama untuk mengeluarkannya. Suka sekali minum air putih dan susu kental manis. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan pada anak Anda adalah sering buang air kecil. Adakah keluhan lain seperti, arah buang air kecil yang bengkok, pancaran lemah, dll? Apakah anak Anda sering minum? 

Jika Anak Anda sering minum maka frekuensi BAK juga akan meningkat. Penyebab lainnya adalah kandung kemih yang terlalu aktif (overactive bladder) yang merupakan bentuk inkontinensia urin. Anak-anak maupun orang dewasa dapat memiliki kandung kemih yang terlalu aktif. Seorang anak dengan kandung kemih yang terlalu aktif akan sering buang air kecil, dan terkadang keinginan tersebut mendesak sehingga dapat mengompol.

Penyebab lain kandung kemih terlalu aktif pada anak-anak meliputi:

  • konsumsi kafein. Kafein dapat meningkatkan produksi urin dan dapat menyebabkan spasme pada otot kandung kemih

  • anak mengalami peristiwa yang menyebabkan kecemasan

  • jarang buang air kecil (menahan kencing dalam waktu lama)

  • kapasitas kandung kemih kecil

  • kelainan struktural dalam kandung kemih atau uretra

  • sembelit

Namun sebaiknya Anda kembali membawa anak Anda mengunjungi dokter spesialis anak, sehingga dapat dilakukan tindak lanjut dari pengobatan sebelumnya, disertai pemeriksaan fisik diagnostik lanjutan untuk mencari penyebab lain keluhan sering kencing tersebut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar