Sukses

Persiapan Hamil dan Vaksin HPV
28 May 2015, 12:06 WIB
Wanita, 24 tahun.

dok saya mau tanya asupan gizi apa saja yg diperlukan selama program hamil,,,lalu apakah wanita yg aktif dalam hub seksual bisa melakukan vaksinasi hpv untuk kanker serviks

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Minum susu baik untuk keseimbangan gizi Anda. Perlu juga diperhatikan: 

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

Apabila Anda aktif secara seksual, kehamilan bisa saja terjadi. Memang belum ada data yang menyatakan apakah dampak dari pemberian vaksin HPV saat kehamilan. Namun pemberian vaksin ini selama kehamilan tidak direkomendasikan. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kebidanan kandungan untuk menentukaan saat yang tepat untuk vaksin. 

  • Apabila seorang wanita sudah mendapat vaksin HPV satu kali dan ternyata hamil setelah itu, maka pemberian dosis selanjutnya dihentikan untuk sementara sampai melahirkan. 
  • Apabila sudah mendapatkan dosis secara lengkap, perencanaan kehamilan bisa dilakukan kapan saja. Vaksin ini tergolong aman, termasuk golongan obat B artinya tidak teratogenik atau tidak menimbulkan efek membahayakan bagi janin.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar