Sukses

Hernia Anak dan Tumbuh Gigi
28 May 2015, 10:08 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat siang dok.. Ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan. Pertama, jika seorang baby mengalami hernia apakah hernianya itu berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan baby tersebut? Kedua, apakah msh normal jika seorang baby usia 10 bulan blm tumbuh gigi?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Penyakit hernia memang sering terjadi pada dewasa, namun ternyata dapat juga ditemukan pada anak-anak. Anda mengalami hernia sejak masih anak-anak, kemungkinan jenis hernia yang anda alami adalah hernia indirek. Pada hernia yang terjadi pada anak-anak, jaringan yang dapat menonjol mengalami penonjolan hanya saat terdapat tekanan fisik atau mengedan. Umumnya, Anda dapat melihat tonjolan yang jelas saat anak menangis, batuk, atau mengedan, dan seringkali menghilang kemudian.

Hernia pada anak merupakan kelainan bawaan yang disebabkan oleh kegagalan penutupan prosesus vaginalis di lipat paha sehingga menimbulkan celah/lubang, hal ini menyebabkan organ perut seperti usus bisa masuk melalui lubang tersebut dan menyebabkan munculnya benjolan di selangkangan atau skrotum (pada laki-laki) dan labia/bibir vagina (pada perempuan).

Hernia yang masih bisa keluar masuk/hilang timbul disebut hernia irreponibilis, hernia ini tidak berbahaya. Namun jika dibiarkan dapat membuat hernia tidak dapat masuk kembali sehingga usus terjepit. Usus yang terjepit ini bisa menyebabkan aliran darah berkurang dan membuat jaringan usus kekurangan suplai oksigen dan dapat mengalami kematian jaringan. Kondisi ini disebut sebagai hernia strangulata.

Pada beberapa kondisi, hernia dapat menutup dengan sendirinya namun dapat jugat menetap. Jika tidak menutup setelah usia 3 bulan-2 tahun maka perlu dilakukan tindakan operasi. Terapi utama hernia adalah dengan operasi/pembedahan yang bertujuan menutup celah agar usus tidak dapat keluar lagi melalui celah tersebut. Tindakan ini disebut sebagai hernioraphy.

Secara teori gigi susu pada balita akan mulai tumbuh pada usia 6 bulan dan lengkap pada usia 3 tahun, namun gigi susu pertama dapat tumbuh kapan saja pada rentang waktu 3-12 bulan. Kemuculan gigi-gigi tersebut mempunyai waktunya masing-masing dan urutan dari kemunculannya tersebut tidak tergantung dari urutan berdasarkan susunannya dalam mulut.

Keadaan yang anak Anda alami ini dapat diperiksakan ke dokter gigi spesialis anak guna memastikan perkembangan dan kesehatan rongga mulutnya. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah walaupun gigi anak belum tumbuh tetaplah menjaga kebersihan rongga mulutnya tersebut yang dapat dilakukan dengan menggunakan kain kasa bersih.

Proses munculnya gigi pertama tidaklah selalu mulus, sering timbul rasa tidak nyaman yang membuat anak menjadi rewel. Gejala gigi anak Anda akan tumbuh antara lain :

  • Jika disentuh gusinya terlihat agak bengkak dan terasa seperti ada benda keras di dalamnya
  • Anak Anda akan mengeluarkan liur yang cukup banyak kadang menetes keluar, tidak seperti biasanya
  • Anak Anda senang menggigit untuk mengurangi rasa tidak nyaman
  • Kadang rasa tidak nyaman dapat menyebabkan kesulitan tidur, rewel, gelisah
  • Pada beberapa anak dapat menyebabkan menolak makan karena makan membuat gusinya sakit

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar