Sukses

Kulit Kemerahan Pasca Minum Obat

29 May 2015, 00:31 WIB
Pria, 27 tahun.

Mau tanya dok,, sya didiagnosa dokter menderita penykit gondok beracun, sdh 3 bulan ini sya mengkonsumsi obat yakni propranolol dan yang satunya lg tdk ada mereknya, bentuknya bulat besar warnah putih... bulan pertama sya di beri dosis 3x2/hari, bulan ke 2dan3 dosisnya dikurangi 2x1/hari. Beberapa hari ini sya mengalami alergi gatal2 pada kulit, terutama saat sya hbs makan makanan yg pedas atau habis beraktifitas yg mengeluarkan banyak keringat.. Muka jd kemerahan (seperti alergi keracunan makanan), biasa jg muncul benjolan di tubuh (seperti digit serangga).. biasanya gejala ini hilang dengan sendirinya, 20-30 menit.. Kira2 gejala ini ada pengaruhnya dari obat yang saya minum atau penyakit yg sya derita???

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com

Anda mengatakan kemerahan baru muncul beberapa hari, sedangkan obat yang Anda konsumsi sudah lebih dari 1 bulan. Apakah ada obat lain yang Anda minum? Apakah Anda memiliki riwayat alergi?

Dari cerita Anda sepertinya penyebabnya bukanlah karena alergi obat propanolol. Jika alergi obat, gejala biasanya muncul segera setelah obat tersebut dikonsumsi. Untuk sementara Anda dapat mengkonsumsi antihistamin seperti loratadin atau CTM. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk evaluasi dan diagnosis lebih pasti. Penyakit kulit paling baik didiagnosis melalui pemeriksaan fisik secara langsung karena ada banyak sekali jenis penyakit kulit yang memiliki gambaran yang mirip.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

    0 Komentar

    Belum ada komentar