Sukses

Menghitung Taksiran Partus

10 Apr 2016, 22:01 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat malam dokter, sy ingin brtanya mengenai HPL dan usia janin sy... HPHT tgl 16 oktober 2014 tapi siklus haid sy tidak pernah teratur.. Kemudian di bulan januari sy memeriksakan kandungan sy ke dr dan diktakan usia kehamilan sy 12 W HPL 20 juli 2015... dan setiap bln saya rutin memeriksakan kandungan sy.. namun hasil dr usia janin sy dan HPL sy selalu berbeda tiap bulannya (menurut hasil usg) bahkan trakhir sy periksa bulan ini HPL menjadi 28 juli 2015 dan janin sy usianya yg seharusnya hari ini 32 W menjadi 30 W 1 D Padahal kata dr sya janinnya malah kebesaran (1,3kg) apakah janin sy ada mslah keterlambatan perkembangan dok? Mohon pencerahannya dok.. trima kasih..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Perkiraan Persalinan atau Kelahiran dapat dilakukan dengan beberapa cara. Yang sering dilakukan adalah dengan menghitung perkiraan berdasarkan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) dengan menggunakan rumus Naegele, yakni hari ditambahkan 7, bulan dikurangi 3, tahun ditambahkan 1. Namun, cara perhitungan ini hanya dapat berlaku akurat jika Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur selama 6 bulan terakhir sebelum hamil. Selain itu, tanggal perkiraan persalinan dengan menggunakan perhitungan ini juga dapat mengalami pergeseran maju atau mundur sekitar 1-2 minggu dari hasil perhitungan.

Jika HPHT Anda 30 Mei 2014, maka perkiraan kelahiran bayi Anda adalah tanggal 37 Februari 2015 = 6 Maret 2015.

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan pemeriksaan USG yang tingkat akurasinya dapat mencapai 95%. Cara ini memperkirakan tanggal kelahiran berdasarkan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Perkiraan kelahiran ini akan lebih akurat pada pemeriksaan USG di trimester kedua dan ketiga karena ukuran janin sudah lebih besar sehingga lebih mudah untuk melakukan pengukuran dan gambar janin terlihat lebih jelas di layar monitor.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar