Sukses

Mengatasi Hidung Bau Tidak Sedap

28 May 2015, 15:42 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok sudah hampir 2th ini saya sering pilek, dan kalau sembuh minum es/kedinginan sekali saja pasti pilek lagi. sembuhnyapun juga tidak sembuh total(masih belum plong). sampai2 saya tidak berani minum es. nah, 2 bulan terakhir ini hidung saya berbau busuk, tetapi sangat jarang keluar ingus, kalaupun keluar ingus pasti ingus bening. tidak ada keluhan pusing/nyeri disekitar wajah. kira2 saya kena apa ya dok? kalau sinusitis tapi kok tidak nyeri/pusing.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kendati memerlukan pemeriksaan fisik dan penunjang secara langsung, namun hidung berbau kurang sedap dapat merupakan tanda adanya penyakit sinusitis, suatu kondisi peradangan rongga sinus pada tulang wajah yang normalnya berisi udara karena infeksi bakteri, virus jamur atau alergi sehingga rongga sinus tersebut tersumbat. Akibatnya terjadi penumpukkan rongga sinus, penurunan oksigen dan berkurangnya aktivitas tubuh untuk membersihkan rongga sehingga rongga tersebut menjadi tempat yang nyaman bagi kuman untuk bersarang serta berkembang biak.

Berikut kumpulan gejala dari penyakit sinusitis yang perlu Anda ketahui:

  1. Terdapat dahak di tenggorokan, seperti cairan dari hidung jatuh ke bawah rongga
  2. Hidung tersumbat dan gatal
  3. Bau tak sedap setiap kali bernapas
  4. Bersin
  5. Mengeluarkan ingus (sekret) berwarna putih kental. Infeksi kuman ditandai dengan warna sekret yang kuning - kehijauan, sedangkan alergi ditandai dengan warna sekret yang putih - bening dan cair
  6. Sakit kepala karena sekret di rongga sinus menekan ke kepala.

Penderita sinusitis dapat merasakan semua gejala di atas atau hanya beberapa gejala saja. Tata laksana dari kondisi ini tentunya disesuaikan dengan faktor penyebab, seperti pemberian antibiotik, antihistamin, dan jika perlu tindakan pembersihan rongga sinus oleh Dokter. Adapun terapi pembedahan jarang menjadi pilihan, terkecuali telah terjadi komplikasi organ di sekitar sinus, seperti mata, otak dan atau paru.

Jangan lupa hindari pemicu dari alergi Anda bila memang kondisi ini disebabkan oleh alergi. Lakukan tes alergi bila perlu sesuai dengan petunjuk Dokter. Untuk itu kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokkan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang sesuai dengan kondisi terkini.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar