Sukses

Efek Jangka Panjang Penggunaan Kortikosteroid

28 May 2015, 15:02 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok. sudah 8th(skrg 16th) ini saya konsumsi prednison karena Sindrom Nefrotik. Nah, agar dihari kedepan nanti tidak terjadi efek membahayakan dari prednison itu apa yg harus saya lakukan dok? apakah ada makanan untuk menghilangkan efek prednison?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang saat ini Anda rasakan. Prednison merupakan golongan kortikosteroid, pemakaian jangka panjang kortikosteroid dapat memberikan efek penambahan berat badan dan penumpukan lemak pada tempat-tempat yang tidak wajar, seperti di wajah (moon face), punggung (buffalo hump) dan perut. Apakah Anda sudah mengalami salah satu dari keluhan tersebut?

Jika memang sudah mengalami beberapa gejala diatas. Cara terbaik untuk mengurangi efek samping moon face dan bengkak di anggota tubuh yang lain adalah dengan cara mengurangi dosis yang biasa diberikan secara bertahap yang tentunya pengurangan dosis ini harus dibawah pengawasan dokter. Oleh karena itu kami sarankan Anda untuk kembali ke dokter yang sebelumnya sudah melakukan pemeriksaan menyeluruh kepada Anda dan memberitahukan mengenai efek samping yang terjadi sehingga dapat dilakukan penyesuaian dosis obat sesuai dengan keluhan yang saat ini Anda rasakan. Karena saat ini dokter yang paling mengetahui riwayat, kondisi fisik dan perjalanan penyakit Anda adalah dokter tersebut.

Cara kedua adalah mengurangi asupan garam, secara normal, ginjal menjaga tubuh kita dengan menyeimbangkan kadar elektrolit, jika garam (natrium)  di dalam tubuh kita berlebihan, maka akan dikeluarkan ke dalam urin. Steroid menyebabkan efek retensi natrium (menyimpan garam) sehingga terjadi penahanan cairan didalam tubuh yang berakibat terjadi peningkatan berat badan, perut kembung serta rendahnya kadar kalium di darah. Hal ini dapat menimbulkan resiko tekanan darah tinggi. Oleh karena itu pengurangan garam dan makanan asin saat ini dapat mengurangi keluhan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar