Sukses

Kecukupan ASI

18 May 2015, 15:03 WIB
Pria, 31 tahun.

Saya memiliki anak usia 1 bulan. saat ini anak saya banyak minum. kalau malam hari bisa setiap 30 menit ingin menyusui. Jadinya ASI yang diberikan tidak cukup. bolehkan memberikan susu formula? bisa dijlaskan kiat memilih susu formula yang bagus untuk bayi 1 bulan. trims Dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bila dibandingkan dengan susu formula merek apapun, Air Susu Ibu (ASI) tetap menjadi pilihan yang lebih baik, sebab salah satu kandungan ASI yaitu antibodi (untuk memperkuat daya tahan tubuh bayi) tidak mampu diproduksi oleh produsen susu formula manapun. Kami sarankan ibu untuk memerah ASI dan menyimpannya dalam botol dan ditaruh dalam kulkas. Dengan begitu, saat ASI di payudara habis, maka ASI hasil perahan dapat digunakan, dan bayi tetap mendapatkan makanan terbaik untuknya (ASI). Memerah ASI bisa menggunakan tangan (teknik marmet) maupun dengan alat bantu. Hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan penyimpanan ASI perah adalah pastikan Anda memberikan tanda atau label tanggal dan jam saat memerah ASI. Dengan demikian Anda akan mudah memilih  botol ASI mana yang paling duluan dapat digunakan, agar kualitas ASI tetap terjaga.

Namun, bila Anda benar-benar tidak sempat untuk memerah ASI dan ingin menggunakan susu formula (walaupun kurang disarankan), Anda dapat memilih susu formula manapun, sebab sebenarnya semua susu formula mengandung zat gizi (karbohidarat, protein, vitamin) yang terstandar. Departemen Kesehatan meregulasi ketat isi susu formula bayi, sehingga zat-zat wajib yang harus dikonsumsi bayi (esensial) pasti selalu ditemukan dalam kadar tertentu pada seluruh susu formula. Memang, ada beberapa susu formula yang mengiklankan tambahan 'zat' dalam susu formula produksi mereka, namun tambahan zat tersebut belum diwajibkan DepKes dan sifatnya tidak sangat esensial.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar